jelaskan hubungan keberadaan lembah sungai dengan suatu peradaban! mengapa pula kawasan sekitar lembah sungai lebih maju dibandingkan kawasan lain?​

jelaskan hubungan keberadaan lembah sungai dengan suatu peradaban! mengapa pula kawasan sekitar lembah sungai lebih maju dibandingkan kawasan lain?​

Jawaban

Masyarakat zaman dahulu memilih hidup dekat sungai karena memiliki banyak fungsi. Adanya pasokan air minum, memudahkan saluran irigasi dan pengairan, lahan di sekitar sungai yang subur, memudahkan mobilisasi penduduk dan barang melalui aliran sungai, dan memudahkan berburu binatang yang datang untuk minum air. Keunggulan geografis itu jugalah yang membuat masyarakat di sekitar lembah sungai bisa lebih maju.

Pembahasan:

Peradaban sungai

Peradaban di sekitar lembah sungai atau peradaban yang berbasis di sekitar sungai sering disebut dengan peradaban sungai. Contoh peradaban sungai adalah Mesir Kuno di Sungai Nil, Sabit Subur di Sungai Tigris/Efrat, Tiongkok Kuno di Sungai Kuning, dan India Kuno di Indus.

Sungai dipilih oleh masyarakat zaman dahulu karena menyediakan banyak fungsi. Fungsi yang dimaksud adalah menyediakan pasokan air minum, memudahkan saluran irigasi dan pengairan, lahan di sekitar sungai yang subur, memudahkan mobilisasi penduduk dan barang melalui aliran sungai, dan memudahkan berburu binatang yang datang untuk minum air. Selain binatang darat, masyarakat yang hidup di sekitar sungai juga bisa menangkap ikan di sungai. Hal tersebutlah yang menjadi alasan masyarakat zaman dahulu memilih hidup dekat sungai. Keunggulan geografis itu jugalah yang membuat masyarakat di sekitar lembah sungai bisa lebih maju.

Contoh peradaban sungai

– Peradaban Mesopotamia

Peradaban ini ada pada abad 4 SM di Kawasan Hilal Subur yang dialiri 2 sungai, yaitu Sungai Eufrat dan Sungai Tigris. Masyarakat Mesopotamia memanfaatkannya untuk irigasi pertanian dan menjadi cikal bakal kerajaan-kerajaan besar seperti Babylonia.

– Peradaban Mesir Kuno

Peradaban ini terletak di sekitar Sungai Nil dan mampu membangun Piramida yang begitu megah.

– Peradaban India Kuno

Peradaban ini ada di sekitar aliran Sungai Indus.

– Peradaban China Kuno

Peradaban ini berawal di lembah Sungai Yangtze atau Sungai Kuning hingga membangun kebudayaan neopolitik tertua di China. Sungai dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bercocok tanam karena tanah subur, sumber sanitasi, serta irigasi.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …