Jelaskan pengertian kredibilitas dan sebutkan komponen-komponen kredibilitas!

Jelaskan pengertian kredibilitas dan sebutkan komponen-komponen kredibilitas!

Jawaban:

Kepemilikan atas informasi dan bukti konkrit yang dapat dipertanggungjawabkan memberikan kesimpulan bahwa sesuatu atau seseorang tersebut adalah dapat dipercaya dan memiliki kredibilitas. Didukung dengan adanya komponen-komponen berupa kemampuan, kepercayaan dan kharisma.

Pembahasan:

Kredibilitas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai perihal dapat dipercaya, sehingga ketika seseorang dikatakan berkredibilitas artinya orang tersebut memiliki komponen-komponen yang mendukung untuk mempercayainya.

Adapun komponen-komponen kredibilitas diantaranya:

  • Adanya kemampuan dalam bidangnya, misalnya ketika bertanya mengenai penyebab dari rusaknya sepeda motor tentu yang lebih kompeten untuk memberikan jawaban kredibel adalah seorang teknisi bengkel kendaraan bermotor jika dibandingkan dengan seorang dokter, karena bukan merupakan bidang keahliannya.
  • Dimilikinya kepercayaan, dalam artian secara sosial keberadaan narasumber dapat dijadikan tumpuan untuk dipercaya, misalnya dalam rilis pers presiden mengenai kenaikan bahan bakar minyak yang dapat dipastikan terjadi, jika dibandingkan dengan opini harga bahan bakar minyak yang tersebar di kalangan ibu rumah tangga.
  • Dimilikinya Kharisma penting dalam menunjukan kredibilitas, contohnya seorang dokter bedah akan lebih dipercaya untuk melakukan tindakan oleh keluarga pasien ketika berpenampilan rapi dan bersih dibandingkan ketika berpenampilan urakan.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …