Jelaskan kenapa bangsa Turki yang notabene orang asing dapat menjadi penguasa di negeri orang lain !

Jelaskan kenapa bangsa Turki yang notabene orang asing dapat menjadi penguasa di negeri orang lain !

Jawaban:

Budak-budak militer itu pada akhirnya mendominasi pemerintahan dan membangun pola di seluruh kelas militer dunia Islam,” ujar sejarawan Barat, Bernard Lewis, dalam buku Race and Slavery in the Middle East.

Pada abad kesebelas, sekelompok tentara Turki Seljuk di bawah pimpinan Tughril Beg mendapat tugas dari Khalifah Abbasiyah untuk merebut kembali Kota Baghdad dari tangan Dinasti Buyid yang berpaham Syiah. Tugas itu berhasil dilaksanakan dengan baik oleh Tughril. Untuk menghargai jasanya tersebut, khalifah akhirnya menjadikannya sebagai menantu.

Secara perlahan, pengaruh bangsa Arab semakin melemah seiring meredupnya kekuasaan Dinasti Abbasiyah. Bangsa Turki pun mulai muncul sebagai kekuatan Islam yang baru. Pada 1037, Tughril Beg resmi mendirikan Kesultanan Seljuk di Persia.

Pada masa selanjutnya, wilayah kesultanan Turki ini mencakup dari tanah Hindu Kush di sebelah barat hingga Anatolia di timur, dan dari Asia Tengah di utara hingga Teluk Persia di selatan. Sayangnya, invasi yang dilakukan bangsa Mongol pada abad ke-12 menurunkan pamor kejayaan Dinasti Seljuk. Kesultanan ini resmi bubar pada 1194, dan kemudian terpecah-pecah ke dalam kerajaan-kerajaan kecil.

Check Also

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi yang menandai masa kejayaannya adalah

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi …