Mengapa perspektif pelanggan merupakan hal yang utama dalam peta strategi kabupaten/kota? Berikan analisis Anda!

Mengapa perspektif pelanggan merupakan hal yang utama dalam peta strategi kabupaten/kota? Berikan analisis Anda!

Jawaban:

Salah satu jenis dari perspektif balance scorecard yang bisa digunakan oleh suatu lembaga atau organisasi dalam menciptakan keputusan adalah perspektif pelanggan. Dalam peta strategi kabupaten atau kotaperspektif pelanggan menjadi hal yang paling utama karena pelanggan atau masyarakat adalah tujuan utama dari layanan yang diberikan oleh pemerintah, maka dari itu kabupaten atau kota harus bisa mengidentifikasi setiap kebutuhan masyarakat sehingga peta strategi bisa dijalankan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Pembahasan:

Balance scorecard adalah suatu alat bantu yang bisa digunakan untuk menilai kinerja dari suatu strategi yang sudah dijalankan oleh seseorang atau lembaga tertentu. Alat bantu ini menjadi sangat penting karena bisa digunakan sebagai evaluasi yang akan digunakan untuk memberikan strategi yang lebih baik di masa yang akan datang.

Berikut adalah perspektif yang bisa digunakan dalam balance scorecard:

  • Perspektif keuangan: jenis perspektif yang fokus pada modal yang dimiliki oleh perusahaan sehingga strategi yang akan dibuat akan berkaitan dengan pengelolaan modal perusahaan dengan cara seoptimal mungkin.
  • Perspektif pelanggan: jenis perspektif yang fokus pada tingkat kepuasan masyarakat atau pelanggan.
  • Perspektif bisnis internal: jenis perspektif yang fokus pada kapabilitas dari sumber daya manusia yang ada pada perusahaan.
  • Perspektif pertumbuhan: jenis perspektif yang fokus pada kelemahan yang bisa diidentifikasi dari strategi yang sudah dijalankan sebelumnya.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …