Apakah UU ASN memberikan ruang bagi bawahan untuk mengkritisi​?

Apakah UU ASN memberikan ruang bagi bawahan untuk mengkritisi​?

Jawaban

Untuk melakukan kritik kepada atasan, sebenarnya tidak ada Undang-Undang (UU) pada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menyatakan secara eksplisit bahwa ASN boleh melakukan kritik kepada atasannya. Namun, para ASN bisa melakukan kritik kepada atasannya dengan tujuan meningkatkan performa atau memperbaiki kinerja suatu lembaga. Kritikan ASN kepada atasannya ini juga dilindungi oleh UUD 1945 Pasal 28 yang menyatakan bahwa setiap orang memiliki hak untuk mengeluarkan isi pikirannya dengan menggunakan lisan atau tulisan.

Pembahasan

ASN adalah suatu profesi yang memiliki perjanjian khusus terhadap pemerintah dan bidang kerjanya berkaitan dengan instansi pemerintahan. Oleh karena itu, tugas utama dari ASN ini adalah untuk mengerjakan setiap tugas yang ada di tempat ia bekerja sehingga bisa membantu negara untuk mewujudkan pembangunan nasional dan juga untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dalam pelaksanaannya, para ASN ini harus aktif untuk memperbaiki kinerja dari instansi pemerintah. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para ASN untuk memperbaiki kinerja dari instansi pemerintah adalah dengan cara memberikan saran dan kritik kepada atasannya.

Saran dan kritik ini harus dilakukan oleh ASN dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sehingga saran dan kritik harus disertai dengan data dan bukti lapangan yang kuat. Meskipun dalam UU ASN tidak ada kata-kata yang menyatakan secara eksplisit bahwa ASN boleh memberikan kritik kepada atasannya, kritik dan saran yang diberikan oleh ASN kepada atasannya ini dilindungi oleh UUD 1945 Pasal 28.

Check Also

Sebutkan menu-menu yang terdapat di Microsoft Word

Sebutkan menu-menu yang terdapat di Microsoft Word Dalam microsoft word, terdapat beberapa menu yang dapat digunakan oleh seorang …