Jelaskan faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan luas rentang pengawasan !

Jelaskan faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan luas rentang pengawasan !

Jawaban

Untuk menentukan luas pada rentang pengawasan, berikut adalah faktor yang perlu diperhatikan:

  • Kesamaan fungsi: rentang pengawasan bisa diperluas apabila bawahan memiliki kegiatan yang sama. Kesamaan tugas dan tanggung jawab ini akan menyederhanakan proses pengawasan dan juga lebih mudah untuk ditangani apabila ada kesalahan atau masalah tertentu.
  • Kompleksitas fungsi: rentang pengawasan harus dilakukan secara intensif apabila tugas dan tanggung jawab dari karyawan memiliki tingkat kerumitan yang tinggi di mana resiko terjadinya kesalahan lebih tinggi ketimbang dengan kegiatan karyawan yang sederhana.
  • Kedekatan geografis: rentang pengawasan bisa lebih mudah dilakukan apabila seluruh karyawan yang harus diawasi berada di dalam satu kawasan geografis yang sama.
  • Arah dan koordinasi: rentang pengawasan akan jauh lebih efektif apabila jumlah karyawan yang harus diawasi memiliki jumlah yang sedikit.
  • Kapasitas bawahan: rentang pengawasan bisa lebih dilonggarkan apabila seluruh karyawan yang ada pada suatu organisasi sudah mendapatkan pelatihan yang baik dan juga memiliki sejarah kinerja yang sudah sesuai dengan standar perusahaan.
  • Staf yang bekerja dari manajer: rentang pengawasan bisa dibagi tanggung jawabnya kepada para staf pendukung yang menjadi bawahan manajer sehingga setiap orang bisa fokus terhadap ruang lingkup pengawasannya masing-masing.

Pembahasan

Pengawasan adalah salah satu ruang lingkup yang ada pada manajemen yang merupakan kegiatan pengendalian terhadap pengelolaan sumber daya usaha yang ada pada perusahaan. Tujuan utama dari pengawasan ini adalah untuk memastikan tidak adanya kesalahan dan juga memastikan bahwa sumber daya usaha bisa digunakan secara optimal. Pengawasan ini juga bisa mendapatkan informasi mengenai kekurangan yang ada pada alur kerja pada perusahaan.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …