Coba jelaskan bahwa mitos kepemimpinan disadari atau tidak mempengaruhi pengembangan organisasi.

Coba jelaskan bahwa mitos kepemimpinan disadari atau tidak mempengaruhi pengembangan organisasi.

Jawaban

Pengembangan organisasi dipengaruhi oleh kepemimpinan organisasi tersebut baik terjadi secara disadari atau tidak. Pernyataan tersebut tidak menjadi mitos karena memang pengembangan dari suatu organisasi akan bergantung dari kepemimpinan yang diterapkan.

Pembahasan

Kepemimpinan organisasi adalah suatu konsep yang ada pada suatu organisasi di mana pemimpin dari organisasi tersebut bisa memberikan contoh dan menjadi pedoman bagi setiap bawahan yang ada pada organisasi tersebut. Oleh karena itu, kepemimpinan yang ada dalam organisasi menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam proses kemajuan dan juga pengembangan dari organisasi tersebut. Kepemimpinan yang bersifat otoriter dan juga kaku tidak akan menciptakan lingkungan bisnis internal yang ideal karena tidak adanya ruang bagi para sumber daya manusia untuk mengemukakan ide-ide kreatifnya yang mungkin saja efektif apabila diterapkan. Di sisi lain, kepemimpinan yang tidak tegas juga tidak bisa menciptakan lingkungan bisnis yang baik karena pemimpin tersebut tidak bisa memberikan contoh yang baik kepada para bawahannya.

Berikut adalah beberapa sikap kepemimpinan yang baik:

  • Menjalin hubungan dengan bawahan: seorang pemimpin yang baik harus bisa menjalin hubungan yang harmonis dengan setiap bawahannya sehingga pemimpin tersebut bisa mengetahui kelemahan dan juga kelebihan dari masing-masing bawahannya.
  • Memotivasi: seorang pemimpin yang baik bisa memberikan contoh kepada para bawahannya dan meningkatkan semangat para tenaga kerja untuk bisa bekerja dengan lebih baik.
  • Memberikan tanggung jawab: seorang pemimpin harus bisa mengetahui batas kemampuannya dan memiliki kemampuan untuk mempercayai suatu tanggung jawab kepada orang lain.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …