Jelaskan yang anda ketahui mengenai karakteristik kualitatif informasi keuangan !

Jelaskan yang anda ketahui mengenai karakteristik kualitatif informasi keuangan !

Jawaban

1. Mengenai karakteristik kualitatif informasi keuangan, berikut adalah beberapa kriteria yang digunakan:

  • Dapat dipahami: karakteristik pada informasi keuangan yang merupakan adanya penyederhanaan terhadap informasi yang kompleks dan rumit sehingga informasinya bisa dipahami oleh seluruh pengguna informasi keuangan.
  • Relevan: karakteristik pada informasi keuangan yang merupakan informasi keuangan bisa digunakan untuk menilai peristiwa yang terjadi pada serangkaian waktu, mulai dari masa lalu hingga masa depan.
  • Keandalan: karakteristik informasi keuangan yang merupakan data yang ada pada informasi keuangan disajikan secara benar tanpa ada kesalahan sehingga setiap datanya bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, data yang ada pada informasi keuangan juga harus sesuai dengan kenyataan yang ada sehingga bisa kredibilitasnya bisa dipertanggungjawabkan dan datanya bisa digunakan sebagai pedoman dalam menciptakan keputusan.
  • Dapat dibandingkan: karakteristik informasi keuangan yang merupakan para pengguna informasi keuangan harus bisa membandingkan laporan keuangan perusahaan pada setiap periodenya.

Pembahasan

Informasi keuangan adalah data mengenai laporan finansial yang ada pada perusahaan. Informasi keuangan ini akan dijabarkan oleh seorang akuntan dengan menggunakan penyajian yang sederhana sehingga informasi keuangan tersebut bisa digunakan dengan mudah. Informasi keuangan ini harus bisa dibuat dengan objektif karena para pengguna informasi keuangan akan menggunakan informasi keuangan sebagai pedoman dalam pembuatan keputusan.

Check Also

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi yang menandai masa kejayaannya adalah

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi …