Mesir mengakhiri zaman Praaksara sekitar tahun 3000 Masehi tetapi di Indonesia baru abad ke-5

Mesir mengakhiri zaman Praaksara sekitar tahun 3000 Masehi tetapi di Indonesia baru abad ke-5

Jawaban

Berakhirnya zaman praaksara di Indonesia terjadi pada abad ke-5, sedangkan berakhirnya zaman praaksara di Mesir terjadi pada tahun 3000 Sebelum Masehi (SM). Perbedaan waktu berakhirnya zaman praaksara di Indonesia dan Mesir ini bisa terjadi karena bangsa Mesir merupakan bangsa yang sudah memiliki kemajuan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dari zaman dahulu, bahkan penggunaan aksara hieroglif juga sudah digunakan dari tahun 2000 SM. Oleh karena itu, bangsa Mesir bisa mengakhiri zaman praaksaranya lebih dulu ketimbang Indonesia.

Pembahasan

Zaman praaksara adalah zaman di mana manusia belum mengenal tulisan sebagai salah satu alat yang bisa digunakan untuk berkomunikasi atau menyebarkan ilmu pengetahuan. Hal ini juga membuat perkembangan ilmu pengetahuan yang terjadi di zaman praaksara cenderung sangat lambat karena tidak adanya alat yang bisa digunakan oleh manusia untuk menurunkan dan juga mewariskan ilmu pengetahuan yang sudah dimiliki oleh seseorang. Berakhirnya zaman praaksara di Indonesia ini terjadi pada abad ke-5, seiring dengan berkembangnya kerajaan Hindu Buddha di Indonesia.

Berakhirnya zaman praaksara ini jauh lebih cepat di Mesir karena bangsa Mesir memang merupakan bangsa yang sangat maju, terutama pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Bangsa Mesir bisa mengakhiri masa praaksaranya pada tahun 3000 SM. Pada tahun 2000 SM, bangsa Mesir sudah menciptakan tulisan yang berupa hieroglif yang digunakan oleh masyarakat bangsa Mesir sebagai salah satu alat untuk melakukan komunikasi dan juga melakukan penyebaran informasi.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …