Tuliskan perbedaan dari Dramatisasi Puisi, Pantomim, dan Opera !

Tuliskan perbedaan dari Dramatisasi Puisi, Pantomim, dan Opera !

Jawaban

Dramatisasi Puisi, Pantomim, dan juga Opera masing – masing memiliki perbedaan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dramatisasi Puisi merupakan sebuah genre (jenis) dari karya sastra yang dimana menggambarkan mengenai kehidupan manusia dengan gerak.
  • Pantomim merupakan suatu pertunjukan teater yang dimana menggunakan isyarat, dalam bentuk mimik wajah ataupun gerak tubuh (akting), sebagai dialog.
  • Opera merupakan sebuah bentuk seni, dari pentasan panggung dramatis hingga pentasan musik.

Pembahasan

Pengertian dari Dramatiasasi Puisi adalah Drama adalah sebuah komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan tentang sebuah kehidupan dan watak seseorang dengan melalui tingkah laku (akting) atau dialog yang akan dipentaskan, atau cerita (kisah) yang dimana melibatkan konflik atau emosi, yang khusus dibuat dalam acara pertunjukan teater. Dramatisasi puisi dapat dilakukan oleh siapa saja dan dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Jika dilakukan secara kelompok, dramatisasi puisi dapat dilakukan seperti berdialog dan adegan dalam suatu pementasan drama.

Pengertian dari Pantomim adalah sebuah pertunjukan drama yang dimana tanpa menggunakan kata – kata yang dimainkan dengan gerak dan juga ekspresi wajah (biasanya diikuti dengan iringan musik). Pantomim merupakan sebuah seni pertunjukan yang dimana penampilannya dominan mengandalkan gerak – gerik tubuh dan juga ekspresi wajah. Hal yang perlu diperhatikan dalam bermain pantomim adalah dengan menampilkan kemampuan dalam mengolah gerak – gerik yang kreatif dan ekspresi wajah. Adapun di Indonesia, tokoh pantomim yang terkenal adalah Jemek Supardi.

Pengertian dari Opera adalah suatu bentuk drama panggung yang dimana seluruhnya atau sebagian dinyanyikan dengan iringan orkes atau musik instrumental.

Check Also

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar Jawaban Kongres pemuda yang dilaksanakan pada …