Jelaskan tentang latar belakang musik yunani kuno yang tidak dapat dipisahkan dari upacara keagamaan!

Jelaskan tentang latar belakang musik yunani kuno yang tidak dapat dipisahkan dari upacara keagamaan!

Jawaban

Sejarah musik barat bermula sejak zaman Yunani kuno yakni sekitar 1100 SM. Dalam Yunani Kuno, musik dianggap sebagai ciptaan dewa-dewi seperti misalnya Orpheus, Apollo dan Amphion. Mereka mengira bahwa musik mempunyai kekuatan yang bisa menyempurnakan tubuh dan juga jiwa manusia serta dapat membuat mukjizat dalam dunia. Maka dari itu, musik menjadi sesuatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari upacara keagamaan.

Pembahasan:

Sejarah musik barat mengemukakan bahwa musik di era Yunani kuno dapat berpengaruh secara langsung dalam bidang pendidikan sebab saat itu fokus pendidikan Yunani adalah musik dan gymnastic. Penunjang peran fundamental dari musik, banyak yang ingin membuat instrumen, rumus melodi dan ritme musik. Seorang filsuf pada abad ke 6 SM dan matematikawan bernama Pythagoras merekam rasio getaran untuk dapat menetapkan rangkaian nada.

Setelah Yunani Kuno, perkembangan sejarah musik barat timbul di Roma Kuno (Romawi Kuno). Tetapi, dalam penggunaannya dapat mengalami perubahan yang disesuaikan dengan selera dan tradisi lokal.

Dalam catatan sejarah musik barat dalam era ini, alat-alat musik disebut semakin banyak dan lebih bervariasi. Alat musik tersebut, diantaranya jenis musik tiup dari logam, seperti trompet dan hom, sejenis organ hidrolis dengan papan tiup yang memanfaatkan tekanan air sebagai peniupnya.

Sejarah musik barat masuk ke zaman pertengahan. Ditelusuri dari Legendo, tahap ini juga disebut dengan istilah folk atau Gereja Abad Pertengahan. Musik abad ini lebih didominasi musik gereja. Gereja tidak cuma menjadi pusat literasi dan pembelajaran pada abad pertengahan namun menjadi pelindung upaya artistik dan kreatif, yang tentu saja termasuk musik.

Dalam sejarah musik barat dalam era ini, instrumen musik pada periode Gereja Abad Pertengahan dianggap oleh khalayak ramai sebagai kecapi, yang sering terlihat digambarkan di tangan para penyanyi abad pertengahan. Alat musik gesek lainnya seperti harpa dan kecapi dan juga populer pada masa tersebut.

Check Also

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu? Jawaban Berikut ini dua macam pembagian ekspresi menurut …

Leave a Reply

Your email address will not be published.