Perbedaan present perfect dan present perfect continuous

Perbedaan present perfect dan present perfect continuous?

Jawaban

Penggunaan present perfect tense : menunjukkan suatu aktivitas atau aksi yang sudah selesai dilakukan serta menyatakan seberapa banyak sesuatu telah terselesaikan.

Penggunaan present perfect continuous tense : menunjuk pada aktivitas yang sedang (dalam proses) dilakukan serta belum terdapat kepastian apakah kegiatan atau aktivitas tersebut telah selesai dilakukan. Present Perfect Continuous juga dapat digunakan untuk menyatakan seberapa lama sesuatu terjadi.

Berdasarkan kegunaannya tersebut, maka perbedaan present perfect dan present perfect continuous terletak pada pola kalimatnya :

  • Present perfect : Subject + have/has + past participle (Verb 3)
  • Present perfect continuous : Subject + have/has + been + present participle (V-ing)

Pembahasan

Present Perfect dan Present Perfect continuous Tense memiliki persamaan yang terletak pada penggunaanya yang menyatakan suatu kejadian atau aktivitas yang menghubungkan masa lampau dengan masa kini atau sekarang dan keduanya juga mengawali kejadian atau aktivitas dari masa lampau. Present Perfect dan Present Perfect continuous Tense juga memiliki perbedaan dalam penggunaannya secara detail. Present perfect tense biasanya digunakan ketika ingin menunjukkan suatu aktivitas atau aksi yang sudah selesai dilakukan serta menyatakan seberapa banyak sesuatu telah terselesaikan. Sedangkan present perfect continuous tense menunjuk pada aktivitas yang sedang (dalam proses) dilakukan serta belum terdapat kepastian apakah kegiatan atau aktivitas tersebut telah selesai dilakukan atau belum. Present Perfect Continuous juga dapat digunakan untuk menyatakan seberapa lama sesuatu terjadi. Berdasarkan kegunaannya tersebut, maka perbedaan present perfect dan present perfect continuous terletak pada pola kalimat dan contohnya :

  • Present perfect : Subject + have/has + past participle (Verb 3)
  1. I’ve decorated my room. (Aku telah mendekorasi kamarku.)
  2. I have repaired my phone for an hour. (Aku telah memperbaiki teleponku selama satu jam.)
  3. Every teacher haven’t finished their lesson. (Setiap guru belum menyelesaikan pelajarannya.)
  • Present perfect continuous : Subject + have/has + been + present participle (V-ing)
  1. My house has been raining for an hour. (Rumahku diguyur hujan selama satu jam.)
  2. Our doctor hasn’t been being at his hospital since this afternoon. (Dokter kami belum berada di rumah sakitnya sejak sore ini.)
  3. They have been swimming together for several minutes. (Mereka telah berenang bersama selama beberapa menit.)

Check Also

Perbedaan antara ilmu pemerintahan dan ilmu manajemen pemerintahan dari segi hakikat

Perbedaan antara ilmu pemerintahan dan ilmu manajemen pemerintahan dari segi hakikat Jawaban Ilmu pemerintahan merupakan suatu …