Teknik membuat patung konstruksi dilakukan dengan teknik?

Teknik membuat patung konstruksi dilakukan dengan teknik?

Jawaban

Dalam membuat patung konstruksi dilakukan dengan teknik:

  1. Teknik membutsir merupakan teknik membuat patung dengan cara menekan, menambah atau mengurangi bahan sampai diperoleh bentuk yang diinginkan. Dalam teknik ini, alat bantu yang digunakan adalah butsir. Adapun bahan umum yang digunakan adalah plastisin, tanah liat dan lain sebagainya.
  2. Teknik memahat yaitu sebuah proses pembuatan patung yang dilakukan dengan mengurangi bahan dengan cara dipahat hingga akhirnya diperoleh bentuk yang diinginkan. Dalam teknik ini, bahan patung yang digunakan adalah bahan yang padat misalnya batu, kayu dan lain sebagainya.
  3. Teknik mencetak yaitu sebuah proses pembuatan patung dengan menggunakan alat seperti cetak tuang atau cetak tekan.

Pembahasan

Patung merupakan sebuah karya seni yang dibentuk seperti wujud makhluk hidup maupun karakter tertentu. Patung termasuk dalam karya seni tiga dimensi sebab mempunyai ukuran panjang, lebar, tinggi. Dalam pembuatannya, patung membutuhkan keahlian khusus, alat, serta bahan. Dalam pembuatan patung dengan teknik konstruksi, bahan – bahan yang umum digunakan antara lain adalah pasir, semen, besi, plastisin, kawat, bubur kertas dan lain sebagainya. Pembuatan patung dengan teknik konstruksi adalah sebuah proses pembuatan patung dengan cara menyusun bahan – bahan yang digunakan dengan bantuan kerangka ataupun tanpa melibatkan penggunaan kerangka. Dengan teknik konstruksi, bahan – bahan pembuatan patung disatukan dengan cara direkatkan menggunakan lem, dilas, dilepas dan lain sebagainya.

Check Also

Apakah ada perbedaan antara Enterpreunership dan Technopreneurship ? dan Jelaskan!

Apakah ada perbedaan antara Enterpreunership dan Technopreneurship ? dan Jelaskan! Jawaban Enterpreunership dan Technopreneurship memiliki …