Simbol nada panjang adalah​

Simbol nada panjang adalah​

Jawaban

Simbol nada panjang dalam lagu adalah suatu simbol yang menandakan lirik dalam lagu lebih lama sedikit. Adapun simbolnya berupa garis panjang atau (____). Ada yang mengatakan  bahwa simbol nada panjang berupa persegi panjang.

Pembahasan

Nada dalam lagu merupakan bunyi beraturan  yang memiliki frekuensi tertentu. Beberapa tangga nada yang bertingkat yaitu nada minor, mayor, kromatik dan mol. Adapun sifat-sifat nada antara lain yaitu jangkauan nada, durasi, intensitas nada, dan timbre.  Tangga nada merupakan suatu susunan nada yang bertingkat, mulai dari yang rendah sampai tinggi atau sebaliknya. Dalam menyanyikan suatu lagu tentu perlu memahami tangga nada. Fungsi tangga nada untuk mengetahui naik atau turun suatu lagu. Begitupun dengan nada, ada yang naik atau makin tinggi, ada saatnya juga turun atau makin rendah.

Bunyi panjang dan pendek dalam nada dapat ditandai dengan memberikan sebuah notasi. Selain itu, bunyi panjang pada nada ditandai dengan pemberian titik sebagai tanda tinggi rendah nada. Titik juga dapat memberikan tanda jumlah atau panjang ketukan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membedakan nada panjang dan pendek dalam menyanyikan sebuah lagu. Salah satunya dengan menggunakan simbol. Adapun perbedaan simbol untuk nada panjang dan pendek adalah sebagai berikut :

  1. Nada panjang, dengan garis panjang atau berupa persegi panjang.
  2. Nada pendek, dengan titik saja atau berupa kotak.

Dari kedua simbol tersebut membentuk suatu pola irama yang menjadikan lagu utuh dari identitas yang membedakan dengan lagu lainnya.

Check Also

Bagaimana reaksi Umar bin Abdul-Aziz mendengar Isi wasiat dari khalifah Umayyah sebelumnya?​

Bagaimana reaksi Umar bin Abdul-Aziz mendengar Isi wasiat dari khalifah Umayyah sebelumnya?​

Bagaimana reaksi Umar bin Abdul-Aziz mendengar Isi wasiat dari khalifah Umayyah sebelumnya?​ Jawaban Reaksi Umar …