Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan adalah contoh penerapan sila ke

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan adalah contoh penerapan sila ke

Jawaban

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan adalah contoh penerapan sila ke 2 yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab.

Pembahasan

Pancasila terdiri dari lima sila yang masing-masing silanya mengandung nilai moral. Adapun nilai moral yang terkandung dalam pancasila adalah sebagai berikut.

  1. Nilai Ketuhanan, nilai ini terkandung pada sila pertama yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa’. Nilai ketuhanan mempunyai pengertian adanya keyakinan dan pengakuan bangsa Indonesia tentang keberadaan Tuhan sebagai pencipta alam semesta. Beberapa sikap sebagai wujud penerapan sila pertama yaitu memiliki keyakinan terhadap tuhan yang maha esa, bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dengan menjalankan perintahnya, tidak memaksakan ajaran agamanya kepada orang lain, bertoleransi dengan umat agama yang lain.
  2. Nilai kemanusiaan, nilai ini terkandung pada sila kedua yaitu “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab”. Nilai kemanusiaan mengandung arti adanya kesadaran sikap dan perilaku sesuai nilai-nilai hidup manusia secara umum. Contoh sikap yang mencerminkan sila kedua ini adalah mengakui adanya martabat manusia, sikap yang adil terhadap sesama manusia, mengakui persamaan hak, derajat dan kewajiban antar manusia, saling mengasihi, bahu membahu melaksanakan kegiatan kemanusiaan
  3. Nilai persatuan, nilai ini terkandung pada sila ketiga yaitu “Persatuan Indonesia”. Nilai persatuan memiliki makna sebagai upaya terus bersatu dalam membina dan memelihara sikap nasionalisme. Tindakan yang mencerminkan sila ini yaitu, pengakuan terhadap Bhinneka Tunggal Ika serta saling toleransi terhadap perbedaan yang ada, rela berkorban demi kepentingan bangsa, menumbuhkan dan memupuk rasa cinta terhadap tanah air, menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan golongan.
  4. Nilai kerakyatan, nilai ini terkandung pada sila ke-empat yaitu “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”. Sikap yang mencerminkan sila ini adalah tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, menerima hasil musyawarah sebagai hasil keputusan bersama, menghargai pendapat orang lain.
  5. Nilai keadilan, nilai ini terkandung pada sila ke-lima yaitu “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. contoh tindakan yang mengamalkan sila ini adalah mengembangkan sikap adil terhadap sesama, saling menghormati dan menghargai hak dan kewajiban orang lain.

Check Also

Bagaimana cara memperkuat ideologi pancasila sebagai usaha untuk memperkuat wawasan ideologi Indonesia terkait dengan pembinaan ketahanan nasional?

Bagaimana cara memperkuat ideologi pancasila sebagai usaha untuk memperkuat wawasan ideologi Indonesia terkait dengan pembinaan …