Perbedaan mendasar antara pemasaran massal dan pemasaran segmentasi

Perbedaan mendasar antara pemasaran massal dan pemasaran segmentasi

Jawaban

  • Pemasaran massal adalah proses pemasaran yang ditujukan untuk semua khalayak ramai tanpa melihat usia, jenis kelamin, tingkat kebutuhan dan lain sebagainya.
  • Pemasaran segmentasi adalah pemasaran terbatas yang ditinjau dari segi usia, jenis kelamin, dan tingkat kebutuhan.

Jadi, perbedaannya terdapat pada khalayak ramai yang diperlakukan sama.

Pembahasan

Segmentasi pasar adalah salah satu cara seorang marketing dalam memetakan pasarnya sesuai dengan produk, minat, usia, geografis, jenis kelamin dan juga selera konsumen.

Segmentasi pasar ini sangat penting bagi pekembangan penjualan produk, sebab dengan mengetahui segmen mana yang akan dituju, maka seorang pemasar akan cenderung lebih mudah dalam memasuki pasar dan juga mengetahui cara bagaimana bersaing dan juga memenangkan persaingan tersebut.

Pemasar yang baik dapat menemukan strategi marketing yang baik dengan memanfaatkan segmentasi pasar. Maka dari itu, ia akan lebih fokus dalam perencanaan pemasaran sebab ia sudah mengetahui apa yang harus dilakukan untuk dapat memperoleh posisi di pasar. Sehingga produk yang dimilikinya dapat diterima oleh khalayak ramai dan perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari hasil penjualan produk tersebut.

Pemasaran massal adalah salah satu upaya untuk mempromosikan dan menjual produk dengan membuat target pasar massal. Pasar massal adalah pasar dimana banyak pelanggan yang ada di pasar dengan kebutuhan yang sama. Perusahaan memandang konsumen di pasar mempunyai kebutuhan dan keinginan yang homogen. Untuk menjual suatu produk, mereka hanya mempunyai satu strategi pemasaran. Mereka menjual produk yang sama dengan harga yang sama dengan menggunakan sistem promosi dan distribusi yang sama untuk semua orang.

Check Also

Apa yang dimaksud kolaborasi masyarakat digital?

Apa yang dimaksud kolaborasi masyarakat digital? Jawaban Konsep kolaborasi digital merupakan adanya kerjasama dalam berbagai …