Jelaskan pengertian iman kepada Allah SWT menurut surah Al Baqarah :165

Jelaskan pengertian iman kepada Allah SWT menurut surah Al Baqarah :165

Jawaban

Pengertian iman kepada Allah menurut surah Al Baqarah ayat 165 yaitu memahami secara mendalam makna iman bukan hanya sekedar menyakini bahwa Allah pemilik semua alam semesta namun dalam hal ini bentuk keimanan dikumpulkan dengan perasaan kasih, dan penuh kecintaan terhadap Allah SWT sehingga tidak ada keraguan pada dirinya untuk menyekutukan Allah SWT.

Pembahasan

Melalui panduan yang telah Allah turunkan lewat firman-nya yaitu Al Qur’an pada surah Al Baqarah ayat 165 yang berbunyi sebagai berikut:

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّتَّخِذُ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَنْدَادًا يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ ۙوَلَوْ يَرَى الَّذِيْنَ ظَلَمُوْٓا اِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَۙ اَنَّ الْقُوَّةَ لِلّٰهِ جَمِيْعًا ۙوَّاَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعَذَابِ

Artinya :”Dan di antara manusia ada orang yang menyembah tuhan selain Allah sebagai tandingan, yang mereka cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah. Sekiranya orang-orang yang berbuat zalim itu melihat, ketika mereka melihat azab (pada hari Kiamat), bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat berat azab-Nya (niscaya mereka menyesal)”.

Beberapa poin penting yang dapat diambil dari isi surah Al Baqarah ayat 165 yaitu:

  1. Allah mengajarkan manusia untuk meyakini bahwa Allah itu pencipta semua bentuk keadaan yang dialami alam semesta misalnya keadaan susah, emosional, kesal, kondisi perekonomian yang sulit bahkan perasaan manusia itu sendiri yang mendatangkan suasana kenyamanan, kasih sayang yang dipenuhi oleh kecintaan yang luar biasa.
  2. Konsep iman, cinta dan nafsu memiliki kesamaan yang sangatlah tipis misalnya akibat mencintai seseorang hamba Allah terkadang manusia mengikutkan hawa nafsu yang dimilikinya bahkan beberapa orang mementingkan hal-hal yang dicintainya ketimbang Allah misalnya demi menonton film drama Korea kesukaan Lala akhirnya Lala rela melupakan dan melalaikan salat maghrib yang seharusnya wajib untuk dilaksanakan. Sedangkan pada konteks yang lebih tinggi pengingkaran keyakinan terhadap Allah dapat dilakukan dengan mempercayai hal-hal lain yang diyakininya memiliki kekuatan tersendiri untuk membantunya mendapatkan keinginannya misalnya untuk mendapatkan hati Widya, seseorang Bima yang rajin dan taat beribadah pada Allah rela melepaskan ketaatannya dan meminta bantuan dukun untuk memikat wanita yang dicintainya.

Untuk itulah sebagai hamba Allah yang mengetahui ilmu agama dan hukum Islam semua harus dilakukan dengan penuh syukur dan qana’ah dilakukan secukupnya saja tanpa ada makna berlebihan didalamnya jika mencintai seseorang atau dalam bentuk apapun cintailah secukupnya sehingga tidak melebihi rasa cinta pada Allah, Allah maha pendengar hambanya dan mampu memahami dan mengetahui  takdir dan hati manusia itu sendiri.

Check Also

Apa yang dimaksud kolaborasi masyarakat digital?

Apa yang dimaksud kolaborasi masyarakat digital? Jawaban Konsep kolaborasi digital merupakan adanya kerjasama dalam berbagai …