Perbedaan teknik dan gaya menyanyi lagu daerah adalah

Perbedaan teknik dan gaya menyanyi lagu daerah adalah

Jawaban

Perbedaan teknik dan gaya menyanyi lagu daerah yaitu teknik biasanya berhubungan dengan vokal. Sedangkan, gaya biasanya penampilan saat bernyanyi lagu daerah tersebut.

 

Pembahasan

Lagu daerah adalah lagu yang dihasilkan dari nilai kebudayaan yang ada di wilayah setempat. Ciri utama dari lagu daerah ini yaitu menggunakan bahasa daerah, mengandung makna tertentu untuk masyarakat sekitar dan alunan iramanya yang sederhana. Dalam menyanyikan lagu daerah biasanya teknik yang digunakan tidak berbeda jauh dengan teknik menyanyi pada umumnya. Tetapi untuk gaya menyanyinya lagu daerah memiliki karakteristik sendiri.

Berikut ini penjelasan tentang teknik menyanyi lagu daerah yaitu:

  • Artikulasi, merupakan suatu teknik utama dalam menyanyi. Teknik artikulasi juga merupakan cara pengucapan kata atau lirik lagu. Untuk itu penyanyi harus melafalkan lirik lagu secara jelas mulai dari artikulasi huruf hidup, huruf mati atau bunyi rangkap.
  • Intonasi, merupakan suatu teknik utama menyanyi lagu daerah. Intonasi juga merupakan tinggi rendahnya nada yang harus dijangkau dengan tepat.
  • Teknik pernapasan, merupakan suatu pengaturan napas yang sangat diperlukan ketika bernyanyi yaitu termasuk lagu daerah. Karena dengan mengatur napas, intonasi menjadi lebih tepat untuk dijangkau.
  • Frasering atau pemenggalan kalimat, merupakan suatu teknik menyanyikan lagu dengan memenggal kalimatnya menjadi lebih pendek, tanpa adanya menghilangkan makna atau pesan lagu tersebut.

Berikut ini penjelasan tentang gaya menyanyi lagu daerah yaitu:

  • Gaya unisono, merupakan suatu paduan suara yang hanya menggunakan satu suara. Sehingga terdengar lebih lebih harmonis dan kompak. Gaya unisono ini lebih banyak digunakan saat menyanyikan lagu daerah.
  • Gaya lokal, ketika bernyanyi lagu daerah, sifat estetis dan ekspresif khas daerahnya ditampilkan dengan kuat. Sehingga menjadi pembeda dengan lagu daerah lainnya.
  • Gaya musikal, merupakan salah satu gaya bernyanyi dalam lagu daerah. Gaya musikal juga merupakan karakteristik musikal dengan tipe gaya yaitu, gaya lokal dengan menggunakan sifat-sifat lokal daerah, gaya individual dengan karakteristik seorang tokoh pencipta lagu-lagu yang membuat berbeda dengan pencipta lagu lainnya, dan gaya periodikal merupakan karakteristik yang menghasilkan gaya musikal tertentu disetiap zaman.

Check Also

“Manusia dalam kehidupannya tidak dapat melepaskan diri dari teknologi” termasuk dalam kalimat?

“Manusia dalam kehidupannya tidak dapat melepaskan diri dari teknologi” termasuk dalam kalimat? Jawaban Manusia dalam …