Perbedaan ruang lingkup dan batasan masalah

Perbedaan ruang lingkup dan batasan masalah

Jawaban

Ruang lingkup penelitian adalah sebagai sarana penegasan tentang batasan suatu objek yang tercakup dalam sebuah masalah. Sementara, batasan masalah adalah ruang lingkup masalah atau upaya dalam membatasi ruang lingkup masalah yang sangat luas sehingga penelitian dapat lebih fokus untuk dilakukan.

Pembahasan

Karya Ilmiah adalah sebuah karya tulis yang isinya membahas tentang sebuah laporan penelitian yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok yang dimana landasan dengan teori dan metode – metode ilmiah. Karya ilmiah berisikan fakta, data, dan solusi tentang suatu masalah yang akan diteliti. Karya ilmiah ditulis secara terstruktur dan sistematis.

Karya ilmiah termasuk ke dalam karangan non-fiksi, yakni sebuah karangan yang ditulis sesuai dengan fakta atau sesuai dengan kejadian yang terjadi sesungguhnya yang ditulis oleh seorang penulis atau pengarang.

Berikut ini yang termasuk ke dalam tujuan karya ilmiah adalah sebagai berikut:

  • Sebagai wahana untuk melatih dalam mengutarakan pemikiran maupun hasil suatu penelitian dalam bentuk tulisan yang sistematis dan juga metodologis.
  • Untuk melatih keterampilan dasar dalam membuat suatu penelitian.
  • Sebagai wahana informasi bagi para pembaca.

Dalam karya ilmiah, terdapat 3 struktur yang harus dipenuhi, yaitu sebagai berikut:

  • Pendahuluan. Pada bagian ini membahas mengenai dasar – dasar penelitian ilmiah, ruang lingkup, batasan masalah, rumusan masalah, kegunaan teoritis, dan mekanisme penyelesaian.
  • Isi dan Pembahasan. Pada bagian ini, terdapat satu atau lebih bab tergantung pada pembahasan suatu penelitian.
  • Kesimpulan. Bagian ini membahas tentang rangkuman yang telah disimpulkan mengenai hasil analisis pada bagian isi dan juga pembahasan.

Check Also

Apa yang dimaksud kolaborasi masyarakat digital?

Apa yang dimaksud kolaborasi masyarakat digital? Jawaban Konsep kolaborasi digital merupakan adanya kerjasama dalam berbagai …