Jelaskan bagaimana hubungan kependudukan dengan kondisi alam dan lingkungan sekitarnya!

Jelaskan bagaimana hubungan kependudukan dengan kondisi alam dan lingkungan sekitarnya!

Jawaban

Hubungan kependudukan dengan kondisi lingkungan alam dan sekitar sangat berhubungan dan saling mempengaruhi. Kependudukan yang tidak seimbang dengan lingkungan alam akan mengakibatkan ketimpangan. Kependudukan yang sangat padat akan menyebabkan lingkungan tidak sanggup menopang kehidupan penduduk. Sementara lingkungan alam yang rusak dan tidak baik tidak akan mendukung kehidupan penduduk.

Penjelasan

Penduduk adalah sekelompok masyarakat yang hidup dan tinggal saling berinteraksi satu sama lain didalam sebuah wilayah. Penduduk suatu wilayah akan sangat berpengaruh terhadap kondisi alam dan sekitarnya. laju pertumbuhan penduduk mengakibatkan terjadinya kepadatan penduduk. Kepadatan penduduk ini membutuhkan lokasi untuk tempat tinggal sehingga banyak lahan kosong yang dijadikan sebagai tempat untuk mendirikan bangunan rumah. Selain bangunan rumah, biasanya kepadatan penduduk akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, dimana akan bermunculan lokasi-lokasi yang menjual berbagai jenis kebutuhan penduduk. Namun, apa jadinya bila kepadatan penduduk meledak setiap tahun? Maka hal yang akan kita lihat pertama adalah bertambahnya jumlah bangunan di wilayah padat penduduk. Bangunan ini akan mengurangi lahan terbuka hijau yang dapat menopang kesehatan udara sebelumnya. Penduduk yang meledak akan mengakibatkan lingkungan rusak karena tidak mampu menopang kehidupan manusia dan tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan penduduk. Hal ini mengakibatkan lingkungan sering mengalami kerusakan seperti longsor, di kota-kota akan kita temui selokan yang tersumbat, ataupun penumpukan sampah.

Check Also

Teks yang berisi langkah-langkah yang sistematis yang sesuai dengan aturan untuk mencapai suatu tujuan disebut dengan teks?

Teks yang berisi langkah-langkah yang sistematis yang sesuai dengan aturan untuk mencapai suatu tujuan disebut …