Apa pesan yang terkandung dalam teks globalisasi membuat dunia tanpa batasan?

Apa pesan yang terkandung dalam teks globalisasi membuat dunia tanpa batasan?

Jawaban

Pesan yang terkandung di dalam teks “Globalisasi Membuat Dunia Tanpa Batas” adalah Kita harus dapat menyaring informasiinformasi dari internet, karena informasiinformasi tersebut terkadang bersifat hoaks. Selain itu, dalam berinteraksi di dunia maya, kita juga perlu membatasi diri agar tidak terjerumus ke dalam halhal jahat.

Pembahasan

Teks tentang “Globalisasi Membuat Dunia Tanpa Batas” termasuk ke dalam jenis teks eksplanasi. Teks eksplanasi adalah salah satu jenis teks yang menguraikan atau menjelaskan tentang proses suatu fenomena terjadi. Fenomena-fenomena tersebut dapat berupa fenomena alam maupun fenomena sosial.

Informasi-informasi yang terkandung harus bersifat faktual. Artinya, informasi-informasi tersebut tidak boleh mengarang atau mengada-ada.

Pada teks eksplanasi “Globalisasi Membuat Dunia Tanpa Batas”, menjelaskan tentang globalisasi. Di dalam pelajaran IPS, kita pastinya pernah mempelajari tentang globalisasi. Globalisasi merupakan sebuah fenomena sosial, dimana dunia seakan-akan menjadi satu dikarenakan mudahnya akses transportasi, informasi, serta masuknya budaya-budaya baru ke seluruh penjuru dunia.

Seiring perkembangan zaman, globalisasi pun semakin berkembang. Hal ini karena teknologi-teknologi di zaman sekarang ini semakin berkembang pesat dan maju. Adapun, dampak negatif dari globalisasi diantaranya:

  1. Semakin mudahnya melakukan kejahatan. Ini ditandai dengan banyaknya para pengedar narkoba menggunakan jaringan internet untuk mengedarkan narkoba melalui situs web gelap.
  2. Informasiinformasi yang hoaks dengan cepatnya tersebar. Perkembangan teknologi menyebabkan informasi-informasi dari berbagai dunia mudah tersebar hanya dalam 1 detik.
  3. Membuat pola hidup yang konsumtif. Semakin mudahnya akses transportasi, menyebabkan banyak industri-industri yang melakukan transaksi. Sehingga, meningkatkan konsumerisme di kalangan masyarakat.
  4. Menyebabkan kesenjangan sosial.
  5. Membuat suatu negara bergantung kepada negara maju. Mudahnya akses transportasi menyebabkan banyak negara-negara maju menargetkan negara yang baru berkembang sebagai konsimtifnya.

Jadi, kita harus dapat mengambil hal-hal positif dari adanya globalisasi.

Check Also

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi yang menandai masa kejayaannya adalah

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi …