kelinci berbulu hitam (HH),dg kelinci berbulu putih (hh) kemungkinan kelinci yang lahir berbulu coklat adalah​

kelinci berbulu hitam (HH),dg kelinci berbulu putih (hh) kemungkinan kelinci yang lahir berbulu coklat adalah​

Jawaban

Kemungkinan kelinci yang lahir berbulu coklat akan memiliki genotipe Hh. Hal ini dikarenakan sifat gen kedua induk (H dan h) adalah intermediet. Sehingga menghasilkan keturunan baru.

Pembahasan

Soal diatas merupakan persilangan monohibrid. Persilangan monohibrid merupakan persilangan dengan memperhatikan satu sifat berbeda dari kedua induknya. Persilangan monohibrid terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Persilangan Monohibrid Dominan penuh, apabila salah satu dari kedua gen induknya bersifat dominan terhadap gen induk lain. Contoh: Bunga Merah (MM) dengan Putih (mm). Gen M bersifat dominan terhadap gen m. Maka, keturunan yang dihasilkan adalah Bunga Merah dengan genotipe (Mm).
  2. Persilangan Monohibrid Dominan tak penuh, apabila kedua gen induknya bersifat intermediet. Contoh: Bunga Merah (MM) dengan Putih (mm). Kedua gen bersifat intermediet. Maka, keturunan yang dihasilkan adalah Bunga Merah Muda (Pink) dengan genotipe (Mm).

Check Also

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi yang menandai masa kejayaannya adalah

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi …