Saat kita menendang bola, maka gaya dapat membuat benda menjadi

Saat kita menendang bola, maka gaya dapat membuat benda menjadi

Jawaban

Pada saat kita menendang sebuah Bola, maka Bola tersebut akan bergerak. Dari peristiwa di atas, dapat kita simpulkan bahwa gaya dapat membuat benda mati menjadi bergerak.

Pembahasan

Gaya merupakan suatu tarikan atau dorongan yang di kerjakan pada sebuah benda. Setiap benda yang dikenai oleh gaya akan mengalami perubahan. Gaya memiliki nilai dan arah, sehingga termasuk ke dalam besaran vektor.

Besarnya gaya dapat kita ukur dengan sebuah neraca pegas atau dinamometer. Sebuah gaya disimbolkan dengan huruf F (Force) dan satuan SI yang digunakannya ialah N (Newton). Satuan lainnya yang sering digunakan adalah dyne, yang mana di dalam 1 Newton setara dengan 100.000 dyne. Untuk melakukan sebuah gaya, diperlukan sebuah usaha. Yang mana, semakin besar gaya yang dilakukan, maka semakin besar pula usaha yang diperlukan.

Adapun pengaruh gaya terhadap sebuah benda diantaranya:

  1. Gaya dapat membuat benda mati menjadi bergerak. Contohnya seperti pada ilustrasi soal diatas. Dimana, awalnya bola itu diam. Setelah ditendang, bola itu akan bergerak menuju gawang.
  2. Gaya dapat menyebabkan benda bergerak menjadi diam. Misalnya pada saat bola menggelinding bergerak ke arah kita, bola tersebut akan berhenti bergerak ketika sudah ditangkap.
  3. Gaya dapat membuat benda berubah arah. Contohnya ketika kita bermain bola voli. Bola voli dari lawan akan kembali lagi ke arah lawan ketika kita memukul bola voli tersebut.
  4. Gaya dapat menyebabkan benda bergerak menjadi lebih cepat. Misalnya ketika kita mengayuh sepeda dengan lambat, jika kita sekuat tenaga mengayuhnya, sepeda akan bergerak lebih cepat.
  5. Gaya dapat mengubah bentuk benda. Contohnya sebuah platisin akan berubah jika kita tekan.

Check Also

Adakah pembamgkit listrik tenaga air di daerahmu

Adakah pembamgkit listrik tenaga air di daerahmu Di daerah saya ada satu pembangkit listrik tenaga …