Ringkasan kisah Wali Songo Sunan Giri dan sifat terpujinya

Ringkasan kisah Wali Songo Sunan Giri dan sifat terpujinya

Jawaban

Ringkasan kisah Sunan Giri

Sunan Giri, beliau juga dikenal sebagai Raden Paku. Sunan Giri memiliki nama asli yaitu Maulana ‘Ainul Yaqin. Selain nama asli, Sunan Giri pun memiliki nama panggilan seperti Raden Paku, dsb. Beliau meninggal pada tahun 1506 M.

Untuk silsilah keturunan Sunan Giri, banyak beberapa perbedaan pendapat. Ada yang berpendapat bahwa Sunan Giri adalah keturunan Maulana Ishaq (salah seorang mubaligh yang datang dari Asia Tengah). Diceritakan bahwa Maulana Ishaq menikah dengan Dewi Sekardadu, yaitu putri dari Menak Sembuyu penguasa wilayah Blambangan pada masa-masa akhir kekuasaan Majapahit.

Pendapat lain mengatakan bahwa Sunan Giri merupakan keturunan Rasulullah SWT, yang melalui jalur keturunan cucunya, yakni Husain bin Ali.

Diceritakan Sunan Giri mendirikan Pondok Pesantren Giri, yang dalam waktu singkat dikenal secara luas di penjuru negeri. Sunan Giri menciptakan berbagai jenis permainan anak-anak, seperti jelungan, jamuran, gendi gerit dan tembang-tembang permainan anak, seperti Padang BulanJorGula Ganti, dan Cublak-Cublak Suweng.

Sifat Terpuji dari Sunan Giri

  • Tekun dan rajin dalam berdakwah.
  • Kreatif dalam berdakwah.

Pembahasan

Kata “Wali Songo” terdiri dari dua kata, yakni kata wali berasal dari Bahasa Arab yang mempunyai arti pembela, pemimpin, bahkan dapat diartikan sebagai orang yang dekat kepada Allah SWT. Sementara Songo sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki arti 9. Jadi, wali Songo adalah wali yang berjumlah 9 orang.

Wali songo terkenal dengan penyebaran agama Islam di Indonesia pada abad ke-14 di Tanah Jawa. Mereka berdakwah kepada masyarakat tanpa adanya paksaan. Berikut ini adalah 9 nama Wali Songo beserta Nama aslinya!

  1. Sunan Gresik, mempunyai nama asli Maulana Malik Ibrahim.
  2. Sunan Ampel, mempunyai nama asli Raden Rahmat.
  3. Sunan Bonang, mempunyai nama asli Raden Makhdum.
  4. Sunan Drajat, mempunyai nama asli Raden Qasim.
  5. Sunan Kudus, mempunyai nama asli Ja’far Shadiq.
  6. Sunan Giri, mempunyai nama asli Raden Paku.
  7. Sunan Kalijaga, mempunyai nama asli Raden Sahid.
  8. Sunan Muria, mempunyai nama asli Raden Sahid.
  9. Sunan Gunung Jati, mempunyai nama asli Syarif Hidayatullah.

Check Also

Sebutkan menu-menu yang terdapat di Microsoft Word

Sebutkan menu-menu yang terdapat di Microsoft Word Dalam microsoft word, terdapat beberapa menu yang dapat digunakan oleh seorang …