Apakah kepribadian nasional akan semakin berkembang atau akan semakin punah pada masa sekarang dan masa yang akan datang?

Apakah kepribadian nasional akan semakin berkembang atau akan semakin punah pada masa sekarang dan masa yang akan datang?

Jawaban

Akan berkembang atau tidaknya kepribadian nasional tergantung penanaman jiwa nasionalisme pada setiap orang terutama pada generasi muda sebagai penerus bangsa.

Apabila pada generasi muda terdapat jiwa nasionalisme, di masa sekarang atau masa yang akan datang kepribadian tersebut akan berkembang. Sebaliknya apabila generasi muda tidak mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi, maka jiwa kepribadian nasional tidak akan berkembang.

Pembahasan

Nasionalisme merupakan suatu paham yang menganggap kesetiaan tertinggi atas setiap pribadi kepada Negara atau sebagai sikap mental dan tingkah laku individu maupun masyarakat yang menunjukkan adanya loyalitas dan pengabdian yang tinggi terhadap negaranya.

Nasionaslime sangat diperlukan dalam kelangsungan negara dengan memunculkan rasa persatuan di dalam negara.

Bangsa akan menjadi maju jika generasi mudanya memiliki kepribadian nasional atau sikap nasionalisme yang tinggi di zaman serba teknologi ini.

Sangat diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan semangat nasionalisme pada generasi muda terutama pelajar Indonesia. Salah satunya melalui pembelajaran PPKN (Pendidikan dan Kewarganegaraan) yang ada di sekolah, menggunakan bahasa yang baik dan benar, penghormatan pada bendera, dan sebagainya.

Check Also

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan?

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan? Jawaban Kongres Pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan Perhimpunan Pelajar-Pelajar …