Apa yang kamu ketahui tentang Tari Banjar Kemuning?

Apa yang kamu ketahui tentang Tari Banjar Kemuning?

Jawaban

Tari Banjar Kemuning merupakan tarian yang berasal dari Jawa Timur. Tari ini diciptakan oleh seorang seniman Bapak Agustinus Heri Sugianto.

Pembahasan

Tari Banjar Kemuning diciptakan oleh Bapak Agustinus Heri Sugianto, adalah ciri khas masyarakat Jawa Timur.

Tarian tersebut menggambarkan kehidupan pada istri nelayan yang tegar, kuat dan luwes saat ditinggal oleh suaminya saat pergi berlayar.Tarian Banjar Kemuning terinspirasi dari kehidupan masyarakat di Desa Banjar Kemuning yang menggantungkan hidupnya sebagai nelayan.

Keunikan gerak tarian ini terletak pada gerakkan yang cepat dan dinamis. Gerakan selendang yang berkali-kali diseblakan yang menunjukkan bahwa tarian ini memiliki makna yang kuat dan gerakkan tangan cepat dan dinamis yang menimbulkan kesan unik dan menumbuhkan semangat baru.

Pada awalnya tarian ini hanya digunakan untuk acara-acara perlombaan sampai Tari Banjar Kemuning ini diakui sebagai tari yang berasal dari Sidoarjo. Tarian ini sering dibawakan pada delegasi duta senin tingkat internasional menjadi salah satu tarian yang ada di negara Indonesia.

Check Also

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan?

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan? Jawaban Kongres Pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan Perhimpunan Pelajar-Pelajar …