Salah satu kondisi yang diperlukan untuk mengembangkan nilai demokrasi adalah pertumbuhan ekonomi. Mengapa faktor pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu faktor kondisional yang mendorong demokrasi?

Salah satu kondisi yang diperlukan untuk mengembangkan nilai demokrasi adalah pertumbuhan ekonomi. Mengapa faktor pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu faktor kondisional yang mendorong demokrasi?

Jawaban

Faktor pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu faktor kondisional yang mendorong demokrasi, dikarenakan ekonomi memiliki pertumbuhan ekonomi dengan baik dan benar.

Pembahasan

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu yang dilihat dan diukur dengan cara membandingkan komponen yang dapat mewakili keadaan ekonomi suatu negara masa kini dan periode sebelumnya. Ada beberapa ciri-ciri pertumbuhan ekonomi, yaitu:

  1. Dengan adanya laju pertumbuhan penduduk dan produk perkapital yang sangat cepat.
  2. Dengan perkembangan produktivitas masyarakat.
  3. Adanya pertumbuhan tingkat struktural yang melesat.
  4. Dengan tingkat urbanisasi yang tinggi.
  5. Adanya ekspansi pada negara maju,
  6. Dengan terjadinya arus barang, modal dan manusia di berbagai negara.

Ada beberapa faktor-faktor utama yang mempengaruhi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, yaitu:

  1. Sumber daya alam atau SDA, mempengaruhi sesuatu yang berasal dari alam mencakup kesuburan tanah, letak bahkan susunannya, kekayaan alam, mineral, iklim, sumber air bahkan ke sumber kelautan.
  2. Sumber daya manusia, dengan mempengaruhi pertumbuhan berupa individu produktif yang berperan sebagai penggerak suatu organisasi, baik dalam perusahaan maupun institusi.
  3. Akumulasi modal, merupakan sebagai proses penambahan stok modal fisik buatan manusia berupa peralatan, mesin dan bangunan. Akan tetapi, stok modal naik dalam waktu tertentu yang disebut akumulasi modal maupun pembentukan modal.
  4. Tenaga manajerial dan organisasi produksi, merupakan sebagai salah satu bagian penting dalam proses pertumbuhan ekonomi berkaitan erat dengan penggunaan faktor produksi dalam berbagai kegiatan perekonomian.

Check Also

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan?

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan? Jawaban Kongres Pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan Perhimpunan Pelajar-Pelajar …