Sebagian masyarakat Makasar memiliki nama khusus yang di dapat karena mereka memiliki darah bangsawan.Hal tersebut menunjukkan ascribed status yaitu status yang ditentukan oleh

Sebagian masyarakat Makasar memiliki nama khusus yang di dapat karena mereka memiliki darah bangsawan.Hal tersebut menunjukkan ascribed status yaitu status yang ditentukan oleh

Jawaban

Hal tersebut menunjukkan ascibed status yaitu status yang ditentukan oleh garis keturunan.

Pembahasan

Status sosial merupakan suatu kedudukan yang dipegang seseorang dalam masyarakat berdasarkan prestise yang dipengaruhi oleh sejumlah faktor misalnya pekerjaan, kekayaan, pendidikan dan latar belakang keluarga. Ada beberapa ciri-ciri status sosial, yaitu:

  1. Status yang ditentukan oleh situasi budaya masyarakat tertentu.
  2. Hanya dalam relevansi anggota masyarakat lainnya.
  3. Individu yang harus memainkan peran tertentu sesuai dengan statusnya.
  4. Sebagai akibat dari status masyarakat dibagi menjadi berbagai kelompok.
  5. Setiap status memiliki prestise.
  6. Hanyalah bagian dari masyarakat secara keseluruhan.

Berikut jenis-jenis status sosial yang ada dalam masyarakat, yaitu:

  1. Status yang digariskan atau Ascribed status, merupakan status yang diperoleh secara otomatis tanpa perlu diperjuangkan terlebih dahulu. Dengan demikian, jenis status sosial ini bersifat tertutup yang hanya akan dimiliki oleh orang-orang tertentu yang statusnya sama dengan status orang tuanya sehingga dapat dikatakan bahwa status semacam itu dapat diberikan melalui kelahiran maupun dengan penempatan dalam kelompok sosial.
  2. Status yang diusahakan/dicapai atau Achieved status, merupakan jenis status yang sengaja diraih maupun diusahakan oleh seseorang. Dalam jenis status sosial yang satu ini bersifat terbuka dan tidak didasarkan pada kelahiran, keturunan, maupun jenis kelamin. Akan tetapi, akan sangat bergantung pada kemampuan, kapasitas dan upaya individu dalam meraih status tersebut.
  3. Status yang diberikan atau Assigned status, merupakan suatu status sosial yang didapatkan seseorang karena mendapatkan mandat maupun pemberian orang lain yang dilakukan dengan baik sehingga dianggap berjasa oleh masyarakat maupun setidaknya si pemberi mandat.
  4. Status simbolik atau Symbolic status, merupakan status yang didapatkan seseorang karena simbol-simbol yang dimiliki maupun dikenakannya. Dengan demikian, jenis status sosial yang satu biasanya diperagakan dalam kehidupan keseharian dalam cara berpakaian, rumah dan tempat yang dikunjungi dalam status simbol seseorang.

Check Also

Jelaskan macam-macam biaya produksi perusahaan dalam jangka pendek!

Jelaskan macam-macam biaya produksi perusahaan dalam jangka pendek! Jawaban Berikut macam-macam biaya produksi jangka pendek …