Berapa jumlah maksimal kolom pada satu sheet excel?

Berapa jumlah maksimal kolom pada satu sheet excel?

Jawaban

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi spreadsheet yang mampu mengolah data dalam kolom dan baris yang dapat dimanipulasi menggunakan rumus yang memungkinkan perangkat lunak untuk melaksanakan fungsi matematika pada data. Jumlah maksimal kolom pada satu sheet excel adalah 16.384.

Pembahasan

Kehidupan manusia tidak akan bisa lepas dari berbagai jenis data, entah itu data penjualan, data eksperimen, data nilai, hingga data kesehatan. Kemajuan teknologi yang mampu mengolah semua data tersebut adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi spreadsheet yang diluncurkan pada tahun 1985 dengan kemampuan mengolah data dalam kolom dan baris yang dapat dimanipulasi menggunakan rumus yang memungkinkan perangkat lunak untuk melaksanakan fungsi matematika pada data. Spreadsheet atau lembar kerja di Microsoft Excel memakai sekumpulan sel yang tersusun dalam baris dan kolom untuk mengatur dan memanipulasi data. Data yang akan digunakan bisa disajikan dalam berbagai bentuk seperti histogram, grafik, dan juga bagan. Spesifikasi yang dimiliki oleh Microsoft excel adalah sebagai berikut :

  • Jumlah lembar kerja dalam buku kerja Microsoft excel terdiri atas 256 kolom dan 65536 baris. Jumlah lembar kerja Microsoft Excel yang dapat dibuka bergantung pada memori yang tersedia serta sumber daya sistem. Hal ini menyebabkan Microsoft Excel memberi kesempatan pada penggunanya untuk membuka berapapun lembar kerja selama memori dan sumber dayanya mencukupi.
  • Microsoft Excel mempunyai batasan sebanyak 16.384 kolom dengan lebar kolom terisi maksimal sejumlah 255 karakter. Batasan jumlah baris yang bisa dibuat adalah 1.048.576 baris.
  • Microsoft Excel dalam pengolahan data dapat melakukan manipulasi data dengan mudah serta menghubungkannya dengan aplikasi Microsoft Office lain seperti Microsoft Word.
  • Microsoft Excel mampu melakukan perhitungan data dan menyajikan grafik dari banyak data yang akan sulit dan rentan kesalahan apabila dilakukan secara manual.

Dibalik kelebihan Microsoft Excel dalam mengolah data, terdapat pula beberapa kelemahan Microsoft Excel apabila digunakan untuk membukukan usaha dan bisnis, antara lain :

  • Semua dilakukan secara manual secara perorangan.
  • Memiliki resiko yang tinggi.
  • Tidak memiliki histori atas perubahan data.
  • Tidak dapat menampilkan data secara keseluruhan.
  • Tidak ada notifikasi.
  • Tidak dijalankan otomatis.
  • Proses rekonsiliasi yang mudah.

Check Also

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan?

Kongres pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan? Jawaban Kongres Pemuda Indonesia dipelopori oleh gerakan Perhimpunan Pelajar-Pelajar …