Dimana ketentuan-ketentuan hukum bisnis dapat ditemukan?

Dimana ketentuan-ketentuan hukum bisnis dapat ditemukan?

Jawaban

Ketentuan bisnis dapat ditemukan di antaranya yaitu:

  1. Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPerdata) mengatur tentang hal-hal dan hubungan antara badan hukum dan perorangan. KUHPerdata memiliki batasan tentang jual beli, sewa menyewa, dan pinjam meminjam (termasuk kredit).
  2. Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHPidana) mengatur tentang tindak pidana dalam kehidupan bisnis, khususnya penipuan.
  3. Kitab Undang-undang Hukum Dagang (KUHD) yang mengatur tentang masalah niaga yang tidak diatur dalam Undang-undang Hukum Perdata, meliputi bentuk badan hukum, riwayat hidup dan perusahaan.
  4. Peraturan lain, kecuali KUHPerdata, KUHPidana, dan KUHD, seperti undang-undang terbatas yang ditetapkan atau undang-undang investasi yang ditetapkan, yaitu undang-undang penanaman modal.

Pembahasan

Hukum bisnis adalah dokumen hukum yang mengatur  tata cara dan perilaku hukum komersial, industri, dan beberapa kegiatan lain yang terkait dengan  pertukaran barang dan jasa, dan aturan yang berlaku untuk kegiatan bisnis berbeda.

Adanya hukum bisnis dapat menciptakan perekonomian yang sehat. Kegiatan ekonomi yang sehat memang memiliki aturan yang menjamin transaksi, transaksi, atau terjadinya transaksi yang sehat.

Check Also

Adakah pembamgkit listrik tenaga air di daerahmu

Adakah pembamgkit listrik tenaga air di daerahmu Di daerah saya ada satu pembangkit listrik tenaga …