Buatlah peta pemikiran (mind mapping) terkait sejarah perkembangan !

Buatlah peta pemikiran (mind mapping) terkait sejarah perkembangan !

Jawaban

Mind mapping (pemetaan; peta, pikiran; pikiran) adalah kerangka kerja yang bisa berbentuk apa saja, termasuk ringkasan konsep pembahasan. Saat membuat peta pikiran, mudah untuk menuliskan hal-hal penting, seperti topik materi, tanggal materi, dan isi materi. Berkaitan dengan perkembangan bahasa Indonesia pada konferensi bahasa tersebut, diadakan 9 konferensi. Setiap pertemuan memiliki pembahasan yang berbeda.

(Peta pikiran dilampirkan digambar)

Pembahasan

Kongres Bahasa Indonesia I hingga IX:

  • Kongres I dari tanggal 25 sampai 27 Juli 1938, kongres pertama terjadi di Solo selama tiga hari. Pokok pembahasan dalam kongres ini mengenai ide untuk memperbaiki dan mengubah tata bahasa Melayu Riau.
  • Kongres II dari 28 Oktober sampai 2 November 1954, kongres kedua terjadi di Medan selama lima hari. Topik utama diskusi dalam kongres ini adalah tentang PUEBI dari perspektif nusantara
  • Kongres III dari tanggal 28 Oktober sampai 3 November 1978, kongres ketiga terjadi di Jakarta selama enam hari. Topik utama diskusinya adalah kemajuan bahasa Indonesia setelah mengalami perubahan.
  • Kongres IV dari tanggal 21 November sampai 26 November 1983, kongres keempat terjadi di Jakarta selama enam hari. Topik utama diskusinya adalah langkah-langkah untuk lebih mengembangkan bahasa Indonesia agar dapat digunakan dengan baik dan benar.
  • Kongres V dari tanggal 27 Oktober sampai 3 November 1988, kongres kelima terjadi di Jakarta selama delapan hari. Topik utama diskusinya adalah persembahan Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
  • Kongres VI dari tanggal 28 Oktober hingga 2 November 1993, kongres keenam terjadi di Jakarta. Topik utama diskusinya adalah mengusulkan peningkatan Pusat Pengembangan dan Pengembangan Bahasa  menjadi Lembaga Bahasa Indonesia, serta mengusulkan penyusunan UU Bahasa Indonesia.
  • Kongres VII dari tanggal 26-30 Oktober 1998, kongres ketujuh terjadi di Jakarta. Topik utama diskusinya adalah mengusulkan pembentukan Badan Pertimbangan Bahasa.
  • Kongres VIII terjadi di bulan Oktober, kongres ini mencetuskan bahwa para pemuda memiliki satu bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan bulan Oktober adalah bulan bahasa Indonesia.
  • Kongres IX dari tanggal 28 Oktober-1 November 2008, kongres kesembilan terjadi di Jakarta. . Topik utama diskusinya adalah Bahasa Indonesia, bahasa daerah, penggunaan bahasa asing, kelas bahasa dan sastra, dan bahasa media massa.