Jelaskan latar belakang berdirinya Daulah Usmani

Jelaskan latar belakang berdirinya Daulah Usmani!

Jawaban

Sejarah berdirinya Dinasti Usmani dimulai dari abad ke-12. Pada saat itu tentara Mongol yang dipimpin oleh Genghis Khan melakukan serangan. Salah satu suku yang diserang ialah Suku Kayi. Kemudian Suku Kayi yang berasal dari keturunan Oghus melarikan diri ke Iran. Tidak lama kemudian meraka pindah ke Anatolia. Anatolia ini adalah negara yang nantinya menjadi negara Turki. Anatolia berada di bawah kekuasaan Dinasti Seljuk. Usman anggota suku Kayi, cucu Eltogur, membantu dan memerangi tentara Mongolia. Saat itu, Usman mampu memimpin tentara Islam dalam pertempuran antara Anatolia dan tentara Mongolia yang menyerang dinasti Seljuk. Sebagai tanda terima kasih dari para pemimpin Seljuk, Sultan Araudin mengangkat Usman sebagai pemimpin wilayah Iskisyahr.

Pembahasan

Dinasti Usmani adalah kerajaan Islam terbesar yang berkuasa selama abad ke-13 dan awal abad ke-20. Kekhalifahan, juga dikenal sebagai Kekaisaran Ottoman, didirikan pada 1299 oleh Osman I atau Usman I dan ribuan kota di Anatolia.

Dinasti Usmani ini menggunakan sistem monarki absolut di mana raja memiliki otoritas penuh untuk menjalankan pemerintahan. Ini sama dengan dinasti Islam awal, dinasti Umayyah dan Abbasiyah. Dinasti Utsmaniyah ini mencapai puncaknya pada zaman pemimpin yang dikenal dengan Sultan Muhammad Alfati atau Mehmed II. Pada masa pemerintahan Sultan Mehmed II, Kesultanan Utsmaniyah berhasil menaklukkan Kekaisaran Bizantium di Konstantinopel.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …