Bagaimana tahapan atau proses yang terjadi ketika membuat inferensi?​

Bagaimana tahapan atau proses yang terjadi ketika membuat inferensi?​

Jawaban

Dalam proses ilmiah penyelidikan IPA, inferensi adalah perumusan penjelasan didasari pada pengamatan. Penjelasan ini digunakan untuk menemukan dan memperkirakan pola atau hubungan antar aspek yang diamati. Inferensi bisa dikatakan juga sebagai sebuah kesimpulan dari hasil pengamatan.

Pembahasan

Ilmu Pengetahuan Alam adalah bidang pengetahuan yang luas dan beragam yang mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan alam. Pengetahuan dapat diperoleh dengan melakukan proses penelitian yang menerapkan prinsip-prinsip ilmiah.

Sebagai metode penelitian, IPA memberikan gambaran keseluruhan tentang pendekatan dalam urutan pengetahuan. Hasil temuannya mencakup fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan model dalam kelompok pengetahuan sesuai dengan bidang studi  seperti fisika, biologi, kimia dan sebagainya.

Penyelidikan ilmiah IPA melibatkan tiga tahap metode ilmiah yang harus dikuasai, yaitu di antaranya:

  1. Tahap pengamatan, tahap ini melibatkan panca indra atau bantuan alat ukur untuk mengumpulkan suatu data dan informasi yang jelas.
  2. Tahap membuat inferensi, tahap ini membuat kesimpulan setelah pengamatan. Inferensi upaya memberikan sebuah alasan mengapa suatu pengamatan itu terjadi. Misalnya, ketika melihat sebuah tanaman mati, maka kesimpulan yang dapat disampaikan adalah bahwa kekeringan yang menyebabkan tanaman itu mati.
  3. Tahap mengkomunikasikan hasil pengamatan, menyampaikan hasil penelitian dan penyelidikan IPA harus disampaikan dengan jelas, tepat, dan tidak ambigu. Komunikasi dapat dilakukan secara tertulis, menulis ilmiah, memberi label, menggambar, melengkapkan peta konsep, melengkapkan panduan pengembangan/kerja, atau membuat grafik.

Check Also

Arti penting surat perintah sebelas maret 1966 yang kemudian di sebut supersemar merupakan?

Arti penting surat perintah sebelas maret 1966 yang kemudian di sebut supersemar merupakan? Jawaban Surat …