Tahapan dan cara menirukan gerakan daur hidup kupu-kupu

Tahapan dan cara menirukan gerakan daur hidup kupu-kupu

Jawaban

Tahapan dan cara menirukan gerakan daur hidup pada hewan kupu-kupu:

  • Telur: gerakan menirukan telur adalah tidur telentang, peluk kaki dan tubuh dengan kedua tangan.
  • Ulat: gerakan menirukan ulat adalah posisi badan dengan cara merangkak.
  • Kepompong: gerakan menirukan kepompong adalah dengan posisi badan berdiri lalu tangan dikepal dan dipegang di kepala. Satu kaki diangkat seperti digantung di pohon.
  • Kupu-kupu: gerakan menirukan kupu-kupu adalah postur badan berdiri dan buka kedua tangan. Kemudian bergerak seperti kupu-kupu, berlari dan melompat.

Pembahasan

Kupu-kupu adalah serangga dengan sayap yang  indah dan berwarna-warni. Kupu-kupu juga hinggap di atas bunga dan biasa ditemukan di taman. Kupu-kupu adalah serangga yang termasuk dalam ordo Lepidoptera, atau serangga sayap bersisik.

Serangga ini aktif pada siang hari. Dibalik keindahan sayap kupu-kupu terdapat proses perkembangan kupu-kupu dari bentuk yang tidak menarik. Proses perubahan ini dikenal sebagai metamorfosis kupu-kupu.

Metamorfosis atau daur hidup dibedakan menjadi dua jenis yaitu daur hidup sempurna dan daur hidup tidak sempurna. Kupu-kupu merupakan jenis serangga yang bermetamorfosis sempurna karena menunjukkan perbedaan morfologi yang sangat besar antara tahap awal dan akhir dewasa dan telur.

Tahapan dari metamorfosis kupu-kupu yaitu telur kemudian menjadi ulat dan berubah lagi menjadi kepompong, serta akhirnya menjadi kupu-kupu.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …