Pelajaran apa yg dipetik dari kisah Barseso terbujuk minuman keras​

Pelajaran apa yg dipetik dari kisah Barseso terbujuk minuman keras​

Jawaban

Pelajaran yang bisa di ambil dari kisah “Barseso terbujuk minuman keras”, kita jangan merasa iri atas keimanan orang lain, karena takaran keimanan seseorang itu berbeda-beda. Kita harus berpegang teguh dan berserah diri kepada Allah SWT dan tetap bersyukur dengan apa yang kita miliki.

Pembahasan

Ringkasan cerita dari  Barseso yang terbujuk minuman keras.

Dikisahkan bahwa pada zaman dahulu ada seorang ahli ibadah bernama Barseso. Dia beribadah di Suraunya selama tujuh puluh tahun dan tidak pernah bermaksiat sedikitpun Kemudian Iblis ingin mengutuk dengan kebohongan, dan setan putih memberitahu Iblis bahwa dia mampu mengutuk imannya. Iblis putih bermaksud beribadah dengan sungguh-sungguh di Surau Basero.

Dan ketika ia melihat kebesaran dan kekuatan setan putih dalam beribadah, Barseso merasa rendah hati di hadapannya. Ada perasaan yang bercampur antara pengaguman, rasa simpati dan cemburu terhadap kesungguhan ibadah setan putih. Barseso merasa bahwa dia begitu iri.. Barseso akan malu kepada penduduk kampung jika mereka tahu bahwa ada orang lain yang lebih kuat ibadahnya dan lebih dihormati daripada dirinya sendiri.

Singkatnya, ketika iblis pergi, dia mengatakan bahwa kekuatan beliau dalam beribadah didorong oleh dahulu dia adalah pemabuk berat. Jika Barseso ingin seperti dia, maka dia harus minum air keras terlebih dahulu. Maka setan putih membawa Barseso ke warung minuman keras. Barseso terus meminum 3 teguk namun ketagihan sampai dia hilang akal dan melecehkan wanita tukang warung. Setelah dilecehkan lalu dibunuhnya. Barseso terus minum-minum sampai tewas karena kebanyakan minum.

Check Also

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar

Pada tanggal 28 oktober 1928 peserta kongres pemuda mengucapkan ikrar Jawaban Kongres pemuda yang dilaksanakan pada …