Sebutkan perbedaan antara bunga mawar yang umum dengan bunga mawar yang mampu menghasilkan buah!

Sebutkan perbedaan antara bunga mawar yang umum dengan bunga mawar yang mampu menghasilkan buah!

Jawaban

Perbedaan mawar berbuah dengan mawar tidak berbuah terlihat sangat  jelas pada bagian mahkota bunganya.

  • Pada mawar berbuah memiliki mahkota bunga hanya terdiri hanya beberapa lapis petal sehingga mempermudah serangga melakukan penyerbukan.
  • Pada mawar bunga yang biasa kita temui memiliki banyak lapisan mahkota yang membuatnya sulit bagi serangga untuk menyerap nektar.

Pembahasan

Mawar adalah jenis tanaman yang menghasilkan bunga yang indah dan sangat terkenal oleh masyarakat di seluruh dunia. Di Indonesia, mawar sangat dicintai dan dipuji. Mawar pertama dibawa ke Eropa dari China, Timur Tengah, dan Eropa Timur. Seiring waktu, mawar menyebar lebih dan lebih di seluruh dunia, kecuali di benua Atlantik.

Jenis tanaman ini biasanya adalah tanaman rumput yang memiliki batang panjang dan dapat naik hingga 2-5 meter, bahkan beberapa yang dapat mencapai 20 meter. Ada lebih dari 100 spesies mawar liar yang berbeda, yang sebagian besar ditemukan di separuh utara bumi yang dingin dan bergelombang.

Bunga pada tanaman mawar biasanya berbentuk bulat, dengan mahkota sebanyak 20-26 lapis helai. Jumlah ini tidak ditentukan, tetapi tergantung pada ukuran bunga. Ada banyak sekali warna bunga mawar, di antaranya merah, putih, biru, dan ada juga yang agak kuning.

Mawar yang telah melewati masa peleburan akan berubah menjadi buah. Buahnya berbentuk bulat. Mawar memiliki berbagai warna tergantung pada warna bunganya.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …