Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pernapasan!

Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pernapasan!

Jawaban

Pernafasan adalah proses dimana tubuh melakukan pertukaran gas yang nantinya akan diolah menjadi energi. Pernafasan sendiri memiliki frekuensi yang artinya dalam satu waktu kita bernafas beberapa kali. Frekuensi pernafasan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Pembahasan 

  • Usia. Manusia usia belia hingga bayi memiliki tingkat frekuensi pernafasan lebih tinggi jika dibandingkan dengan manusia dewasa.
  • Jenis Kelamin. Manusia berjenis kelamin laki-laki dilahirkan dengan kapasitas paru-paru yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Sehingga frekuensi pernafasan laki-laki lebih tinggi.
  • Suhu Tubuh. Ketika suhu tubuh kita mengalami lonjakan, yang artinya tubuh dalam keadaan suhu tinggi. Secara otomatis frekuensi pernafasan kita pun mengalami lonjakan untuk mendinginkan atau mengembalikan tubuh ke suhu normal.
  • Penyakit. Mengalami penyakit tertentu juga dapat memengaruhi frekuensi tubuh kita dalam bernafas. Misalnya penyakit yang menyerang sistem pernafasan.
  • Aktivitas. Aktivitas yang kita lakukan sehari-hari juga merupakan salah satu yang memengaruhi frekuensi pernafasan kita. Contoh kecilnya ketika kita jarang melakukan aktivitas luar ruangan, namun suatu ketika melakukannya, tubuh pun kaget dan menjadi cepat lelah yang ditandai dengan frekuensi bernafas yang semakin cepat.
  • Posisi Tubuh. Dari beragam posisi tubuh, beragam pula frekuensi pernafasan kita dalam beberapa posisi. Frekuensi ketika kita terlentang akan berbeda dengan frekuensi ketika kita duduk, dan lain sebagainya.

Check Also

Arti penting surat perintah sebelas maret 1966 yang kemudian di sebut supersemar merupakan?

Arti penting surat perintah sebelas maret 1966 yang kemudian di sebut supersemar merupakan? Jawaban Surat …