Kenapa hukum islam di era orde baru terkesan lambat?

Kenapa hukum islam di era orde baru terkesan lambat?

Jawaban

Hukum Islam di Era Orde Baru terkesan lambat karena strategi politik yang diterapkan oleh Soeharto masih mengikuti jejak politik yang dilakukan oleh kolonial Belanda, sehingga mengakibatkan tidak harmonisnya hubungan politik pemerintah dengan umat Islam.

Pembahasan

Strategi hukum sosial politik pada masa Orde Baru yang di pimpin oleh Soeharto hampir sama dengan politik masa kolonial Belanda, yang mana ada istilah Arief Budiman yaitu “Islam Budaya Yes, Islam Politik No”.  Rezim orde Baru memilih strategi ini, sehingga kegiatan politik hukum Islam dibatasi secara ketat. Politik Islam yang dipilih oleh Soeharto lebih kepada memberikan kesempatan umat Islam dalam hal ibadah, yakni sholat, puasa, zakat, haji serta pembangunan sarana Ibadah. Namun, dalam hal aspek muamalah lebih dikesampingkan bahkan disingkirkan, karena dikhawatirkan akan mengganggu kelestarian dari kekuasaannya, hal ini termasuk kepada aspek membatasi untuk mengangkat hukum Islam menjadi hukum Nasional.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …