Jelaskan yang dimaksud dengan gizi seimbang!

Jelaskan yang dimaksud dengan gizi seimbang!

Jawaban

Gizi seimbang adalah keseimbangan antara zat – zat penting yang ada di dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh seseorang di dalam kehidupan sehari – hari. Setiap orang harus makan makanan dan minum minuman yang mengandung 3 zat utama yang cukup jumlahnya, baik zat tenaga yang berfungsi sebagai pemberi energi atau tenaga untuk kegiatan hidup manusia, zat pengatur yang berfungsi untuk memberi perlindungan pada tubuh secara maksimal terhadap serangan penyakit dan zat pembangun yang berfungsi untuk meregenerasi sel mati supaya dapat berganti dengan yang baru. Tidak seimbang ataupun kurang asupan gizi dapat berakibat pada tubuh seseorang.

Pembahasan

Gizi seimbang adalah suatu zat gizi yang di konsumsi tubuh dengan kadar yang tidak lebih ataupun kurang sebab kelebihan dan kekurangan zat gizi dapat menyebabkan penyakit. Zat gizi ini sangat penting bagi tubuh yang berguna untuk menjaga kesehatan jiwa dan raga sehingga dapat tumbuh secara maksimal, tahan terhadap berbagai penyakit, dan juga mempunyai kesehatan jiwa yang baik.

Makanan bergizi seimbang adalah semua jenis makanan yang mengandung gizi yang dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan, seperti misalnya umur, jenis kelamin, berat badan, pekerjaan, dan lain sebagainya yang memenuhi zat – zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan yang memiliki gizi seimbang terdiri atas menu lengkap, yaitu makanan pokok, lauk, sayur, dan buah.

Berikut ini yang merupakan contoh dari menu makanan yang memiliki gizi seimbang adalah sebagai berikut:

  • Makanan pokok, yakni nasi, jagung, ubi.
  • Lauk, yakni daging, ayam, ikan, tahu, tempe, telur.
  • Sayur, yakni bayam, kacang panjang, kangkung, sawi.
  • Buah, yakni pisang, mangga, jeruk, pepaya.

Check Also

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu? Jawaban Berikut ini dua macam pembagian ekspresi menurut …

Leave a Reply

Your email address will not be published.