Buatlah rute perjalanan menuju Rengasdengklok! Mengapa Rengasdengklok yang dipilih untuk mengungsikan Bung Karno dan Bung Hatta?

Buatlah rute perjalanan menuju Rengasdengklok! Mengapa Rengasdengklok yang dipilih untuk mengungsikan Bung Karno dan Bung Hatta?

Jawaban

Rute perjalanan menuju Rengasdengklok yaitu meliputi Jakarta lalu ke Cikarang hingga ke Rengasdengklok. Alasan Rengasdengklok dipilih oleh golongan muda karena letaknya yang cukup terpencil sehingga menghindarkan Bung Karno dan Bung Hatta dari pengaruh Jepang.

Pembahasan

Kronologi perjalanan menuju Rengasdengklok dimulai pada 16 Agustus 1945 pukul 03.00 WIB, golongan muda membawa Soekarno dan Hatta keluar kota.  Lokasi Rengasdengklok dipilih sebagai tujuan utama golongan muda karena letaknya yang aman dan sudah dikuasai oleh Pembela Tanah Air (Peta) sehingga Jepang tidak akan bisa mempengaruhi Soekarno dan Hatta. Soekarno dan Hatta tiba di Rengasdengklok pada pukul 06.30 WIB. Kemudian Soekarno dan Hatta singgah di sebuah rumah milik Djiauw Kie Siong. Soekarno dan Hatta kembali didesak oleh golongan muda agar segera melakukan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Setelah perundingan usai, Soekarno dan Hatta pun kembali ke Jakarta malam harinya untuk kemudian memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 di rumah Soekarno Jl. Pegangsaan Timu No. 56 Jakarta.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …