Jelaskan program kepemimpinan Abu Bakar dalam pengumpulan Al-Qur’an!

Jelaskan program kepemimpinan Abu Bakar dalam pengumpulan Al-Qur’an!

Jawaban

Ditulis bahwa Zaid menyampaikan ” maka akupun mulai mencari Al-Qur’an kemudian ku kumpulkan ia dari pelapah kurma, dari keping keping batu, dan dari hafalan para penghafal, sampai akhirnya aku mendapatkan akhir surat At-Taubah berada pada Abu Huzaimah Al-Anshari yang tidak ku dapatkan pada orang lain“.

Pembahasan 

ditulis bahwa Zaid menyampaikan ” maka akupun mulai mencari Al-Qur’an kemudian kukumpulkan ia dari pelapah kurma, dari keping keping batu, dan dari hafalan para penghafal, sampai akhirnya aku mendapatkan akhir surat At-Taubah berada pada Abu Huzaimah Al-Anshari yang tidak kudapatkan pada orang lain“.

Maka tugas yang di berikan Abu bakar guna mengumpulkan Al Qur’an tidak dapat di laksanakan dalam waktu satu tahun, yakni antara setelah terjadinya perang yammah dan sebelum wafatnya Abu bakar. Dengan demikian sejarah mencatat bahwa Abu Bakar sebagai khalifah yang pertama yang mengusung terkumpulnya Al-Qur’an dalam musfah yang di dasari inisiatif dari Umar Bin Khattab, dan Zaid bin Tsabit yang di tunjuk untuk menulisnya.

Lembaran-lembaran yang telah di kumpulkan Zaid kemudian di simpan di tangan Abu Bakar hingga Wafat. wafatnya Abu Bakar menjadi khalifah di gantikan oleh Umar bin Khattab. Lantas di tulisnya Al Qur’an dalam satu mushaf pada masa kekhalifahan Usman bin Affan untuk yang pertama kalinya. Penulisan Al Qur’an dimasa Ustman disesuaikan dengan tulisan aslinya. Usman memberikan tanggung jawab penulisan kepada Zaid bin Tsabit, Abdullah bin Zubair, Said bin Ash, dan Abdurrahman bin Haris bin Hisyam.

maka dapat kita simpulkan bahwasannya perananan Abu Bakar As Shiddiq dalam pembukuan dan pengumpulan Al’ Qur’an ialah berkat diplomasinya yang sepenuhnya di dukung oleh Umar untuk membukukan Al’Qur’an dengan memerintahkan Zaid bin Tsabit. pengumpulan Al-Qur’an yang di lakukan pada masa kahlifah Abu Bakar ini merupakan langkah awal yang di akhirnya terbentuk pada masa khalifah Ustman.

Check Also

Usaha pemanfaatan lahan dengan tanaman-tanaman keras disebut?

Usaha pemanfaatan lahan dengan tanaman-tanaman keras disebut? Jawaban Usaha agraris adalah jenis usaha yang sangat …