Dari hasil analisa urin seorang siswa, ternyata ditemukan kandungan senyawa protein. Hal ini dapat menunjukkan adanya kerusakan organ ginjal pada bagian?

Dari hasil analisa urin seorang siswa, ternyata ditemukan kandungan senyawa protein. Hal ini dapat menunjukkan adanya kerusakan organ ginjal pada bagian?

Jawaban

Dari hasil analisa urin seorang siswa, ternyata ditemukan kandungan senyawa protein. Hal ini dapat menunjukkan adanya kerusakan organ ginjal pada bagian glomerulus.Glomerulus adalah bagian dari nefron yang diselubungi oleh kapsula Bowman. Glomerulus terdapat di korteks ginjal bagian dalam. Fungsi dari glomerulus yaitu filtrasi (penyaringan) eritrosit serta protein yang diikat untuk tidak dikeluarkan. Hasil  penyaringan adalah berupa urin primer (filtrat glomerulus).

Pembahasan

Proses pembentukan urin di ginjal terdiri dari tiga tahap, yakni filtrasi (penyaringan), reabsorpsi (penyerapan kembali) serta augmentasi (pengeluaran zat). Ketiga tahapan tersebut terjadi di tempat yang berbeda serta hasilnya pun berbeda-beda.

  • Filtrasi

Tahap pertama pembentukan urin pada manusia yakni filtrasi yang terjadi di glomerulus. Glomerulus merupakan untaian pembuluh kapiler yang dinding-dindingnya bertautan dengan kapsula bowman. Filtrasi disebut juga penyaringan. Jadi darah yang mengalir di tubuh disaring di dalam glomerulus. Hasil dari filtrasi ini yakni berupa filtrat glomerulus atau urin primer yang mengandung H2O serta zat-zat seperti glukosa, klorida, natrium, kalium, fosfat, urea, asam urat dan kreatinin.

  • Reabsorpsi

Pada tahap reabsorpsi, zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh akan diserap kembali serta dimasukkan ke dalam aliran darah. Reabsorpsi terjadi di tubulus kontortus proksimal serta lengkung henle. Hasil dari proses reabsorpsi berupa urin sekunder. Zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh diserap kembali. Sedangkan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh disekresikan pada tahap augmentasi.

  • Augmentasi

Augmentasi adalah tahap akhir dari proses pembentukan urin pada tubuh manusia. Sisa dari zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh akan disekresikan disini. Augmentasi terjadi di tubulus kontortus distal serta tubulus kolektivus (pengumpul) sebagai tempat penyimpanan urin untuk sementara. Di tahap ini masih terjadi penyerapan kembali air, garam NaCl serta urea. Hasil dari tahap augmentasi yakni terbentuk urin sebenarnya yang harus dibuang oleh tubuh.

Check Also

Adakah pembamgkit listrik tenaga air di daerahmu

Adakah pembamgkit listrik tenaga air di daerahmu Di daerah saya ada satu pembangkit listrik tenaga …