Siapakah yang dikenal sebagai Bapak Manajemen ilmiah dan apa pendapatnya tentang manajemen

Siapakah yang dikenal sebagai Bapak Manajemen ilmiah dan apa pendapatnya tentang manajemen

Jawaban

Bapak manajemen ilmiah adalah Frederick Winslow Taylor yang lebih dikenal dengan Taylor. Beliau memberikan pendapat mengenai manajemen ilmiah yaitu sebagai:

  1. Mengembangkan ilmu untuk tiap unsur pekerjaan seseorang yang ingin mengganti agenda lama.
  2. Memilih, melatih, mengajari, dan mengembangkan skill pekerja tersebut.
  3. Melakukan peraga kepada pekerja secara sungguh-sungguh sehingga pekerja akan melaksanakan tugas sesuai dengan prinsip ilmu yang telah dikembangkan.
  4. Membagi pekerjaan dan tanggungjawab secara merata antara pekerja dan manajemen.

Pembahasan

Salah satu bapak manajemen ilmiah yang paling terkenal adalah Bapak Frederick Winslow Taylor. Beliau mengemukakan pendapat mengenai agenda ilmiah dalam manajemen. Berawal dari dirinya yang melihat bahwa pekerjaan pada perusahaannya kurang efisien karena setiap pekerja menggunakan teknik yang berbeda terhadap pekerjaan yang sama dan merasa gampang akan pekerjaannya. Beliau merasa bahwa hasil yang dihasilkan oleh pekerjanya hanya memperoleh dari sepertiga dari hasil yang selanjutnya dihasilkan oleh pekerja tersebut. Dalam jangka waktu 20 tahun, Taylor mengoreksi dan menemukan berbagai kesalahan dalam teknik pekerjanya dan kemudian berhasil menemukan sebuah ide yang bisa mempermudah efisiensi produksi ilmiah. Ide kemudian disebut sebagai manajemen ilmiah. Pedoman tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kembangkanlah suatu ilmu untuk tiap-tiap unsur pekerjaan pada seseorang yang hendak menggantikan agenda lama yang bersifat untung-untungan.
  2. Secara ilmiah, pilihlah dan kemudian lakukan pelatihan untuk mengajari dan mengembangkan pekerja tersebut.
  3. Memperagakan pekerjaan yang sama secara sungguh-sungguh kepada para pekerja untuk menjamin bahwa semua pekerjaan dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip ilmu yang telah dikembangkan tadi.
  4. Bagilah pekerjaan dan tanggung jawab secara hampir merata antara manajemen dan para pekerja.

Check Also

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi yang menandai masa kejayaannya adalah

Kejayaan peradaban bangsa Babilonia di Mesopotamia berlangsung pada masa pemerintahan Raja Hammurabi tindakan Raja Murabbi …