Apa yang dimaksud dengan sistem kolaborasi elektronik dan berikan contoh aplikasi yang termasuk dalam sistem

Apa yang dimaksud dengan sistem kolaborasi elektronik dan berikan contoh aplikasi yang termasuk dalam sistem

Jawaban

Dimaksud dengan sistem kolaborasi elektronik adalah salah satu sistem yang tidak hanya pertukaran komunikasi atau pesan. Akan tetapi, informasi atau pesan tersebut digunakan untuk bekerja sama. Contohnya aplikasi yang ada pada OA, tergolong dalam sistem kolaborasi adalah teleconference dan telecommuting.

Pembahasan

Otomatisasi kantor merupakan salah satu penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan informasi terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang didalam dan diluar perusahaan dalam meningkatkan perusahaan. Ada beberapa tujuan otomatisasi kantor, antara lain:

  1. Pendapatan yang tinggi versus penghindaran biaya dengan komputer yang tidak menggantikan pekerja saat ini. Akan tetapi, komputer menunda penambahan pegawai yang diperlukan dalam menangani beban kerja yang bertambah.
  2. Pemecahan masalah kelompok, dengan cara OA berkontribusi pada komunikasi keadaan dari manajer membuatnya sangat cocok diterapkan dalam memecahkan masalah kelompok.
  3. Pelengkap bukan pengganti, salah satu cara komunikasi bisnis OA bukan tanpa keterbatasan. OA juga akan menggantikan semua komunikasi interpersonal tradisional dan percakapan tatap muka, percakapan telepon, pesan tertulis pada memo dan sejenisnya yang bertujuan melengkapi komunikasi tradisional.
  4. Untuk penggabungan dan penerapan teknologi.
  5. Dengan memperbarui proses pelaksanaan pekerjaan di kantor.
  6. Untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas pekerjaan.

Dalam pengguna otomatisasi kantor, yaitu

  1. Manajer, merupakan orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan terutama sumber daya manusia.
  2. Professional, merupakan tidak mengeoa orang akan tetapi menyumbangkan keahlian khususnya. Misalnya pembeli, wiraniaga, dan lain sebagainya.
  3. Sekretaris, yang ditugaskan untuk pekerja terdidik tertentu agar melaksanakan berbagai tugas misalnya menangani korespondensi, menjawab telepon dan mengatur jadwal pertemuan.

Check Also

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu?

Goffman membagi ekspresi dalam dua macam yaitu? Jawaban Berikut ini dua macam pembagian ekspresi menurut …

Leave a Reply

Your email address will not be published.