Jelaskan pengertian media dalam komunikasi bisnis!

Jelaskan pengertian media dalam komunikasi bisnis!

Jawaban

Media dalam komunikasi bisnis adalah sebuah alat atau wadah yang digunakan untuk memindahkan pesan dari pengirim pesan ke penerima pesan.

Pembahasan

Komunikasi adalah suatu aktivitas dalam hal penyampaian dan saling bertukar informasi yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki tujuan yakni untuk menyampaikan suatu tujuan tertentu. Komunikasi juga menjadi salah satu syarat utama dalam interaksi sosial.

Media adalah suatu alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator ke khalayak ramai. Media cenderung dalam berkomunikasi adalah panca indera manusia seperti misalnya telinga, mata, mulut.

Pengertian komunikasi bisnis adalah sebuah pertukaran opini, informasi, hingga gagasan yang mempunyai instruksi dengan sebuah tujuan tertentu yang dimana akan dilaksanakan penyampaian dengan cara personal maupun impersonal dengan menggunakan berbagai macam bentuk simbol, sinyal sampai ke suatu tindakan.

Berikut ini merupakan macam – macam bentuk dari tujuan dalam komunikasi bisnis adalah sebagai berikut:

  • Dengan memberikan sebuah bentuk dari informasi yang dimana memiliki fungsi yakni untuk kegiatan bisnis dengan berbagai macam orang.
  • Dengan melakukan persuasi atau pengaruh untuk memberikan keyakinan kepada orang lain yang dimana memiliki fungsi yakni untuk kegiatan pemasaran sehingga membuat orang ingin membeli produk yang kita miliki dan sebagai sebuah penegasan konfirmasi kepada konsumen sehingga tidak akan terjadi sebuah kesalahan.

Adapun komunikasi bisnis dapat berjalan dengan baik ketika memiliki unsur – unsur sebagai berikut:

  • Adanya tujuan komunikasi, saat melakukan komunikasi tentu saja harus ada tujuan yang disampaikan.
  • Adanya pertukaran pikiran.
  • Adanya informasi, opini, gagasan, atau instruksi yang dimana merupakan isi dari pesan.
  • Adanya saluran personal atau impersonal.
  • Adanya sinyal atau simbol, sebagai alat dan metode yang dapat dipahami dan dimengerti oleh penerima dalam menyampaikan sebuah pesan.
  • Adanya pencapaian tujuan, sebagai hasil akhir.

 

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …