Pelaksanaan Demokrasi Liberal di Indonesia ditandai oleh

Pelaksanaan Demokrasi Liberal di Indonesia ditandai oleh

Jawaban

Pelaksanaan demokrasi liberal di Indonesia di tandai dengan banyaknya pergolakan di daerah. Demokrasi ini berlangsung pada tahun 1950-1959.

Pembahasan

Demokrasi liberal merupakan demokrasi yang menempatkan seluruh warga negara memiliki hak dan kewajiban yang setara dalam mengambil sebuah keputusan sehingga keputusan bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah namun seluruh warga negara yang ingin terlibat diperbolehkan memberikan inspirasi. Pada masa ini, warga negara memiliki peran yang bebas dan aktif bukan yang terkekang dan tertekan. Pada masa ini, dunia perpolitikan mengalami kemajuan dan memasuki kondisi yang lebih stabil dibandingkan dengan masa orde lama. Demokrasi liberal ini berlangsung dari tahun 1950-1959. Pada masa ini, pemerintahan tidak bertindak sewenang-wenang dan cenderung dibatasi oleh konstitusi. pada masa ini bermunculan berbagai jenis partai-partai politik dan pemerintahan membentuk beberapa kabinet untuk membantu pekerjaan pemerintahan. Namun, munculnya berbagai partai politik mengakibatkan sering terjadi perbedaan pendapat diantara kabinet. Perbedaan pendapat ini memunculkan kekacauan politik. selain karena perbedaan pendapat, kurangnya kepercayaan partai relawan menyebabkan para pemimpin kabinet mengalami kemunduran kinerja sehingga terjadi berbagai gejolak di berbagai daerah. Hingga pada tanggal 15 juli 1959 presiden Soekarno mengumumkan dekrit presiden dan berakhirlah masa demokrasi liberal.

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …