Jelaskan sistem notasi pada zaman pertengahan!

Jelaskan sistem notasi pada zaman pertengahan!

Jawaban

Notasi dapat diartikan sebagai simbol, lambang, atau tulisan musik yang dilambangkan dengan not dan wujud tulisannya (partitur). Pada perkembangan musik di jaman pertengahan, ditemukan notasi dan pencatatan nada. Notasi yang digunakan di awal era pertengahan tidak memiliki ritme yang khusus. Musik yang berkembang di abad pertengahan juga banyak yang monophonic dan homorhythmic. Sistem notasi pada zaman pertengahan dikenal dengan sistem notasi musik mensural. Sistem notasi musik mensural merupakan sistem notasi yang memperhitungkan panjang nada sesuai dengan proporsi. Notasi mensural tersebut merupakan dasar notasi balok yang kini kita ketahui.

Pembahasan

Notasi adalah faktor penting pada seni musik yang berperan sebagai penunjuk tinggi rendahnya nada dan ketukan pada sebuah lagu atau musik. Notasi dapat diartikan sebagai simbol, lambang, atau tulisan musik yang dilambangkan dengan not dan wujud tulisannya (partitur). Pada zaman pertengahan, kebanyakan musik yang dibuat adalah musik liturgi dan reliji. Gereja juga sering menciptakan musik-musik sekuler dan musik pengorbanan. Notasi yang digunakan di awal era pertengahan tidak memiliki ritme yang khusus, sehingga musik yang berkembang di abad pertengahan juga banyak yang monophonic dan homorhythmic. Pada perkembangan musik di jaman pertengahan barulah ditemukan notasi dan pencatatan nada. Sistem notasi pada zaman pertengahan dikenal dengan sistem notasi musik mensural. Sistem notasi musik mensural merupakan sistem notasi yang memperhitungkan panjang nada sesuai dengan proporsi. Notasi mensural tersebut merupakan dasar notasi balok yang kini kita ketahui. Berikut ini merupakan ciri-ciri musik di abad pertengahan :

  • Berkembang pesatnya nyanyian keagamaan
  • Semakin berkembangnya paduan suara yang dinyanyikan oleh lebih dari satu suara
  • Musik keduniawian bersuara satu mulai masuk
  • Notasi dan pencatatan nada ditemukan
  • Berkembangnya musik polyphoni

Terdapat beberapa tokoh musik abad pertengahan yang cukup terkenal yaitu Guido d’ arezo, (1050), Willem Guilaume Dufay (1400), Adam de la halle (1287) dan Hanz Sachs (1471). Musik dari abad pertengahan yang bertahan sampai saat ini contohnya adalah flute. Flute pada zaman pertengahan masih menggunakan bahan yang terbuat dari kayu, sedangkan flute saat ini sudah terbuat dari perak atau logam.

Check Also

Adakah pembamgkit listrik tenaga air di daerahmu

Adakah pembamgkit listrik tenaga air di daerahmu Di daerah saya ada satu pembangkit listrik tenaga …