larutan elektrolit biner pada suhu tertentu memiliki fraksi mol terlarut 0,2,tekanan uap air murni pada suhu tersebut =30 mmhg dan bila mengalami ionisasi sempurna dalam larutan,berapakah tekanan uap larutannya?

larutan elektrolit biner pada suhu tertentu memiliki fraksi mol terlarut 0,2,tekanan uap air murni pada suhu tersebut =30 mmhg dan bila mengalami ionisasi sempurna dalam larutan,berapakah tekanan uap larutannya?​

Jawaban

Penurunan tekanan uap merupakan salah satu sifat koligatif larutan. Larutan elektrolit biner memiliki fraksi mol zat terlarut sebesar 0,2 yang dilarutkan ke dalam air yang tekanan uapnya 30 mmHg. Tekanan uap larutan tersebut turun menjadi 18 mmHg.

Penjelasan dengan langkah-langkah

Diketahui:

Xt = 0,2

Po = 30 mmH

Ditanya:

Tekanan uap larutan (P)

Jawab:

Sifat koligatif larutan adalah sifat fisika larutan yang nilainya tidak dipengaruhi oleh jenis larutannya, namun sangat bergantung pada jumlah partikelnya. Terdapat 4 jenis sifat koligatif larutan, yaitu penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih larutan, penurunan titik didih larutan, dan tekanan osmosis.

Sifat koligatif larutan elektrolit dan nonelektrolit tentu saja berbeda meskipun kedua larutan memiliki konsentrasi yang sama. Apa yang menyebabkan perbedaan tersebut? Kamu tahu kan, dalam larutan elektrolit ada ion-ion yang terlarut di dalamnya. Maka, jumlah partikel zat yang terlarut di dalamnya pun berbeda dengan larutan nonelektrolit dengan konsentrasi yang sama. Misalnya, titik didih larutan NaCl 0,2 M akan lebih tinggi daripada titik didih larutan glukosa dengan konsentrasi yang sama. Hal ini terjadi karena NaCl terurai menjadi ion Na+ dan ion Cl-, sehingga jumlah partikelnya dua kali lebih banyak dibandingkan dengan larutan glukosa. Mengapa begitu? Karena perhitungan sifat koligatif larutan harus memperhatikan jumlah partikel, maka derajat disosiasi suatu larutan pun perlu diperhitungkan. Oleh karena itu, untuk menghitung sifat koligatif larutan elektrolit, perlu dikalikan dengan faktor van’t Hoff (i).

 : derajat disosiasi

Langkah 1

Dalam soal ini, kamu diminta untuk menghitung tekanan uap larutan elektrolit biner, maka kamu harus mengalikan rumus penurunan tekanan uap dengan faktor van’t Hoff. Maka rumusnya menjadi:

ΔP = 

Langkah 2

Karena di sini disebutkan bahwa larutan adalah larutan elektrolit biner, maka senyawa terlarut terurai menjadi 2 ion di dalam air. Karena derajat ionisasinya tidak disebutkan, maka diasumsikan nilai alfa = 1. Maka perhitungannya menjadi :

ΔP = 0,2 . 30. 2 = 12 mmHg

Langkah 3

Tentukan tekanan uap larutan

ΔP = 

12 = 30 – P

P = 18 mmHg

Jadi, tekanan uap larutan elektrolit biner tersebut sebesar 18 mmHg.

 

Check Also

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi

Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar privatisasi Jawaban Privatisasi merupakan bentuk …