Pengelolaan sumber daya alam yang terdapat di perairan Indonesia

Pengelolaan sumber daya alam yang terdapat di perairan Indonesia

Jawaban

Perairan di Indonesia memiliki pengelolaan sumber daya alam yaitu sumber daya ikan, tumbuhan laut, mineral dan pertambangan, transfortasi dan perhubungan, dan wisata bahari laut.

Pembahasan

  • Sumber Daya Ikan

Indonesia memiliki sumber daya ikan yang cukup kaya. Sebab Indonesia merupakan negara yang memiliki lautan yang luas dan tingginya eksploitasi ikan di Indonesia. Luas Indonesia kurang lebih 1,9 juta kilometer persegi, sehingga Indonesia juga dijuluki sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Laut yang membentang dari barat ke timur sepanjang lebih dari 5000 kilometer, yang memberikan kontribusi besar bagi perikanan dunia.

  • Tumbuhan Laut

Selain hewan yang hidup di lautan, sekelompok tumbuhan pula terdapat dan hidup di perairan Indonesia yang banyak memiliki nilai gizi dan ekonomi yang lumayan tinggi. Salah satunya adalah produk=produk dari ganggang laut atau rumput laut. Rumput laut merupakan sumber daya hayati di laut yang sangat melimpah di perairan Indonesia. Potensi rumput laut perlu terus digali, seiring dengan meningkatnya keanekaragaman rumput laut di perairan Indonesia.

  • Mineral dan pertambangan

Laut menyediakan mineral dan juga pertambangan di dasarnya selain sumber makanan dan juga obat-obatan. Pertemuan tiga lempeng tektonik dunia yaitu di Indonesia sehingga menyebabkan timbulnya gunung berapi yang kaya dengan meneral logam seperti emas, perak, timah, timbal, tembaga, nikel. Dari 60 cekengan minyak dan gas di seluruh wilayah Indonesia, 70 % berada di laut, dan cadangan minyak bumi sebesar 9,1 mineral barel sebagian beserta berada di perairan lepas (off share).  Hal itu menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi kelautan, khususnya bagian minyak, gas, dan juga mineral.

  • Transportasi dan perhubungan

Posisi laut Indonesia dinilai sangat stategis dalam bidang transportasi,  baik untuk kawasan regional maupun dunia. Kepulauan, kelautan dan garis pantai terpanjang ke empat di dunia membuat Indonesia memiliki potensi ekonomi yang besar. Salah satu upaya percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi nasional adalah dengan mengedepankan penguatan konektivitas antar pulau, terutama pulau-pulau terluar. Konektivitas ini hanya bisa terwujud apabila transportasi laut di negara kepulauan terus diperankan secara signifikan. Transportasi laut sangat vital peranannya sebagai “Jembatan Nusantara” dan tidak tergantikan oleh transportasi udara dan darat.

  • Wisata Bahari Laut

Indonesia menjadi primadona dunia yang memiliki pesona alam laut yang tidak dimiliki oleh bangsa-bangsa lain di dunia. Selain itu, Indonseia memiliki komoditas kelautan dan perikanan yang melimpah, lautnya dikenal dengan terumbu karang yang elok dan beragam spesies koral dan ikannya. Tidak dipungkiri bahwa Indonesia memiliki potensi daya tarik bagi wisatawan karena pesonanya yang menakjubkan. Seperti Taman Laut Bunaken, yakni taman laut yang terletak diujung utara Sulawesi. Taman Laut Bunaken, Taman Laut Banda yang terletak di Kabupaten Maluku Tengah, Taman Laut Rubiah yang terletak di barat laut Pulau Weh, Aceh, Taman Laut Karimunjawa, Taman Laut Kepulauan Derawan, Taman Laut Kepulauan Togean, Taman Laut Takabonerate, Taman Laut Selat Pantar, Taman laut Wakatobi, hingga Taman Laut Raja Ampat, Papua.

Check Also

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh pemiliknya dan kapasitas mobil masing-masing adalah lima orang termasuk pengemudi. Banyak cara menyusun penumpang di kedua mobil tersebut adalah

Sembilan orang bepergian dengan dua mobil milik dua orang diantara mereka. Masing-masing mobil dikemudikan oleh …