Senyawa yang dapat membentuk ikatan hidrogen antar molekul adalah

Senyawa yang dapat membentuk ikatan hidrogen antar molekul adalah

Jawaban

Ikatan hidrogen antar molekul dapat terbentuk antara senyawa yang mengandung gugus fungsi H,O,N dan F.

Pembahasan

Suatu unsur kimia berikatan untuk mencapai kestabilan. Beberapa jenis ikatan kimia yang dapat dibentuk untuk mencapai kestabilan diantaranya yaitu:

  1. Ikatan ion, yaitu ikatan yang terbentuk karena terjadinya pelepasan dan penerimaan elektron dari masing-masing unsur. Contohnya yaitu NaCl, NaBr dsb.
  2. Ikatan Kovalen, yaitu ikatan yang terbentuk karena terjadinya pemakaian elektron bersama antara unsur-unsur yang berikatan dari salah satu unsur. Contohnya yaitu HCl.
  3. Ikatan logam, yaitu ikatan yang terjadi pada unsur logam dan unsur logam. Contohnya yaitu Ghalium.

Selain antar unsur yang dapat berikatan antar molekul juga dapat berikatan yang disebut dengan gaya antar molekul. Gaya antar molekul yaitu gaya yang menyebabkan antar molekul berikatan yang terjadi karena adanya gaya elektrostatis. Gaya antar molekul terbagi menjadi dua yaitu:

  1. Gaya van der waals Gaya van der waals diakibatkan karena adanya tolakan timbal balik antara awan elektron pada atom terjadi pada molekul-molekul yang bersifat polar maupun non polar. Contohnya .
  2. Ikatan hidrogen

Ikatan hidrogen yaitu ikatan yang terjadi pada molekul-molekul yang mengandung atom H,O,N,F, hususnya yaitu pada unsur/atom yang memiliki keelektronegatifitasan yang paling besar. Contohnya HF.

Check Also

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama!

Sebutkan ayat tentang Amar Ma’ruf nahi munkar dan penjelasan pendapat para ulama! Jawaban Menurut pendapat …